Ustadz Abdul Somad Membahas Tentang Hukum Membaca Yasin Saat Ziarah Kubur: Ini Bagus…

Hukum Membaca Yassin Saat Ziarah Kubur
Ustadz Abdul Somad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Membaca surat Yasin saat ziarah kubur sudah menjadi tradisi yang melekat di masyarakat Indonesia. Namun hingga saat ini, kegiatan tersebut masih sering menjadi bahan perdebatan.

Lantas apa saja hukum membaca surat Yasin saat berziarah kubur? Apakah sesuai Islam atau sebaliknya?

Menanggapi kebingungan ini, Ustadz Abdul Somad menyebutkan dalam ceramahnya tentang kebiasaan membaca Surat Yasin saat ziarah kubur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bercerita tentang Imam Hambali yang menegur seseorang laki-laki yang membaca Al Quran saat berziarah kubur.

“Ada seseorang membaca Al-Qur’an di samping kubur lalu kemudian dilarang Imam Ahmad bin Hambali, ‘Hei, jangan kau baca itu di kubur’,” ucap Ustadz Abdul Somad dikutip dari tayangan kanal YouTube Goto Islam pada Selasa (8/8/2023).Sesorang yang ditegur Imam Gambali itu lantas menjawab dengan menyebutkan salah hadis riwayat tentang putra Umar bin Khattab yang meminta dibacakan Al-Qur’an saat meninggal dunia.”Lalu kemudian sahabat Imam Hambali mengatakan, ‘Kamu kenal dengan si fulan periwayat hadis? Dia meriwayatkan bahwa Abdullah, Ibnu Umar, Ibnu Khattab, anak Umar bin Khattab pernah berpesan, nanti kalau aku meninggal tolong bacakan pangkal Al Baqarah dan ujung Al Baqarah 3 ayat terakhir’,” kata Ustadz  Abdul Somad.

“Jadi Abdullah bin Umar itu ketika meninggal dibacakan itu di atas kubur, setelah dimakamkan dibaca, amal sahabat,” lanjutnya.

Ustadz Abdul Somad pun mengatakan jika kisah tersebut bisa dijadikan dalil diperbolehkannya membaca Al-Qur’san saat ziarah kubur.

“Itu dalil membacakan Al-Qur’an di samping kubur,” bebernya.

Pemuka agama ini lantas membeberkan alasan mengapa orang-orang sering membaca Surat Yasin ketika berziarah kubur, yakni karena keutamaan Surat Yasin.

“Kenapa Yasin? Karena keutamaan surat Yasin. Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, pada waktu subuhnya sudah diampuni oleh Allah, dibacakan siang diampunkan malam, dibaca malam diampunkan siang,” terang Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad pun menerangkan bahwasanya membaca Surat Yasin pada saat berziarah kubur merupakan hal yang tak dilarang dalam Islam.

“Ini bagus, tak ada salah,” pungkasnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar