7 Kebiasaan Pagi untuk Menyeimbangkan Gula Darah

Kebiasaan Pagi Menyeimbangkan Gula Darah
bangun pagi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kadar gula darah yang tinggi pasti membuat Anda bingung dengan bagaimana menurunkannya. Ternyata, kebiasaan dan aktivitas tertentu di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan gula darah.

Naiknya kadar gula darah di pagi hari sebenarnya merupakan fenomena alam yang dikenal dengan dawn effect.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saat bangun tidur, tubuh memproduksi hormon kortisol, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang biasanya memuncak sekitar pukul 7 atau 8 pagi,” jelas Kunal K. Shah, dokter penyakit dalam di Divisi Endokrinologi, Rutgers Robert Wood Johnson, New Jersey mengutip Livestrong.

Dengan mengingat hal itu, semakin penting untuk mengembangkan kebiasaan pagi yang sehat yang akan menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali seiring berjalannya hari.

Berikut adalah 7 hal yang dapat Anda lakukan setiap pagi untuk menyeimbangkan gula darah Anda.

  1. Awali hari dengan minum air

Para ahli mengatakan, tetap terhidrasi adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Menurut CDC, hal itu terjadi karena ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh mengandung lebih sedikit air, dan akibatnya kadar gula darah lebih terkonsentrasi.

Terlebih lagi, kata Shah, “Memiliki gula yang lebih tinggi sebenarnya dapat menyebabkan efek diuretik.”

Dengan kata lain, gula darah tinggi bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil, yang bisa membuat Anda semakin dehidrasi.

Karena itu, awali hari dengan segelas besar air, lalu lanjutkan menjadikan hidrasi sebagai prioritas sepanjang hari. Targetkan total antara 11 dan 15 cangkir, menurut Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS.

  1. Sarapan seimbang

Ahli diet yang berbasis di New York, Anthea Levi, mengatakan sarapan kaya protein dan serat dalam waktu satu jam setelah bangun tidur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda sepanjang pagi.

“Memulai hari dengan makanan seimbang membantu kita menghindari roller coaster glukosa yang dapat terjadi saat kita melewatkan sarapan, kemudian meraih karbohidrat di kemudian hari saat tingkat energi kita menurun,’ jelasnya.

Levi merekomendasikan sarapan yang mencakup protein, lemak sehat, dan serat tiga kali lipat penstabil gula, seperti orak-arik telur sayuran dengan alpukat dan sepotong roti gandum utuh, atau puding biji chia dengan beri dan greek yoghurt plain.

  1. Pertimbangkan kembali kopi

Jika kopi adalah bagian penting dari rutinitas pagi Anda, Anda mungkin tidak perlu menggantinya sepenuhnya. Tetapi penting untuk memperhatikan bagaimana kopi dapat memengaruhi kadar gula darah, terutama jika Anda penyuka makanan dan minuman manis.

“Meskipun CDC mencatat beberapa orang sangat sensitif terhadap kafein dan mungkin melihat lonjakan gula darah hanya dari kopi hitam, masalah sebenarnya ketika berbicara tentang kopi adalah apa yang Anda tambahkan ke dalamnya, kata Levi.

“Cara paling ramah gula darah untuk mengonsumsi kopi adalah dengan menghindari penambahan pemanis sama sekali atau menggunakan jumlah yang sangat kecil jika Anda benar-benar membutuhkannya manis,” kata Levi.

Alih-alih krimer manis, dia merekomendasikan sedikit susu sapi utuh, almond, atau kedelai tanpa pemanis jika Anda lebih suka susu nabati. Menyeruput kopi bersama dengan sarapan juga dapat membantu memberikan energi yang stabil.

  1. Bangun lebih awal
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar