Pengganti Doa Qunut Ketika Salat Subuh, Alternatif bagi yang Belum Hafal

Doa Qunut Ketika Salat Subuh
Doa Qunut Ketika Salat Subuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada alternatif bacaan doa qunut saat Subuh yang bisa dijadikan alternatif, khususnya bagi umat muslim yang belum hafal doa qunut.

Doa qunut adalah bacaan yang biasa dibaca sebelum atau sesudah rukuk (i’tidal) dari rakaat terakhir Salat subuh. Akan tetapi, para ahli fikih berbeda pendapat tentang tafsir hukum membaca Salat Qunut di waktu Salat subuh.

Mengutip dari buku Hukum Salat Lengkap karya Abu Abbas Zain Musthofa Al-Basuruwani, menurut Imam Abu Hanifah Abu Hanifah dan Imam Ahmad, membaca doa qunut saat Subuh bukanlah sunnah. Pada saat yang sama, menurut Imam Malik dan Safi’i, membacakan doa Qunut pada waktu Salat subuh merupakan sunnah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Imam an-Nawawi juga menjelaskan dalam al-Adzkar bahwa menurut mazhab Syafi’i, qunut pada Salat Subuh adalah sunnah muakkad. Jika ditinggalkan, Salat tidak batal, tetapi sujud dianjurkan.

Karena itu, bagi penganut Syafi’i dan Maliki, qunut merupakan doa yang wajib dibaca setiap muslim saat Salat subuh. Bagaimana jika belum hafal bacaan Doa Qunut? Berikut adalah bacaan alternatif untuk diamalkan.

Bacaan Pengganti Doa Qunut saat Salat Subuh

Syaikh Wahbah az-Zuhaili dalam kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 2 menerangkan bahwa ulama Mazhab Syafi’i memperbolehkan mengganti doa qunut saat Salat Subuh dengan bacaan lain, asalkan dzikir itu berisi doa dan pujian.

Adapun contoh dzikir yang dapat menjadi pengganti doa qunut seperti doa ‘Allahummaghfir lii yaa Ghafuur’ sebab kalimat ‘ighfir lii’ termasuk doa, sedangkan ‘yaa Ghaffur’ termasuk pujian.

Boleh juga menggantinya dengan dzikir yang berbunyi ‘warhamnii yaa rahiim’ atau ‘walthuf bii yaa lathiif’. Namun, lebih utama menurut Mazhab Syafi’i tetap menggunakan doa qunut allahummah dinii sampai akhir.

Sementara itu, ulama Hanafiyah menyatakan bagi orang yang tidak bisa berbahasa Arab atau tidak hafal bacaan doa qunut, maka diperbolehkan menggantinya dengan ucapan ‘Allahummaghfir lii’ atau ‘Yaa Rabbi’ sebanyak tiga kali.

Selain itu, boleh juga menggantinya dengan doa yang terdapat pada Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201, yaitu:

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *