Percobaan Pembegalan Oleh Moeldoko Berdampak Negatif Terhadap Demokrat

Pembegalan partai Demokrat
partai Demokrat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pembegalan Partai Demokrat dinilai membawa pengaruh buruk. Namun, praktik kotor Kepala Staf Presiden Moeldoko itu digagalkan oleh keputusan Mahkamah Agung (MA).

“Ini memberi efek, baik ke Anies (Baswedan), baik ke Demokrat, dan pegiat demokrasi Indonesia. Itu yang disebut damage has been done,” kata aktivis Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Syahganda Nainggolan dalam diskusi virtual Crosscheck Metrotvnews.com bertajuk ‘Begal Demokrat Berakhir, Pengganggu Anies Ngacir?’ Minggu, 13 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Syahganda mengatakan Demokrat seyogianya sudah merasa tenang dan aman sejak jauh-jauh hari. Namun peninjauan kembali (PK) Moeldoko membuat rencana dan strategi Demokrat menyambut pemilihan legislatif (pileg) terhambat.

“Bagaimana jejaring bupati, gubernur, wali kota, perencanaannya harus karena gerakan Moeldoko,” ujar dia.

Selain itu, calon kepala daerah yang hendak maju bersama Demokrat menjadi gamang. Sebab, mereka khawatir upayanya mubazir bila Moeldoko sukses membajak Demokrat.

“Bukan hanya energi terkuras, banyak orang tidak berani menjadi caleg Demokrat,” papar Syahganda.

Syahganda menyebut PK Moeldoko turut memengaruhi pemenangan Anies. Demokrat merupakan bagian Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Ketika mendeklarasikan Anies, ada efek simultan yang diambil NasDem dan PKS, tapi Demokrat tidak bisa ambil karena takutnya Demokrat titdak punya hak mencalonkan,” ucap dia.

Sebelumnya, MA telah memutus PK Moeldoko terkait kepengurusan Partai Demokrat. Hasilnya, pengajuan tersebut ditolak.

“Amar putusan, tolak,” bunyi putusan saat dikutip dari mahkamahagung.go.id, Kamis, 10 Agustus 2023.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *