Ciri-Ciri Orang Yang Rutin Salat Tahajud, Berikut Keutamaannya Menurut Hadits

Ciri-Ciri Orang Yang Rutin Salat Tahajud
Salat Tahajud
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ciri-ciri orang yang sering salat tahajud bisa dilihat dari karakter dan kehidupannya. Orang yang rutin salat tahajud biasanya memiliki pancaran aura wajah yang berseri, akhlak dan kebijaksanaan, spiritualitas dan akal.

Diketahui bahwa shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang paling utama. Juga akan ada kemuliaan dan keutamaan bagi umat Islam yang mengamalkannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Disebutkan dalam Al Quran bahwa orang yang rutin melaksanakan salat tahajud setiap malam karena nikmat Allah SWT akan dimuliakan.

Allah berfirman dalam Al Quran surat Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al Isra Ayat 79).

Dilansir dari Buku Fikih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah, para ulama menafsirkan ayat tersebut yaitu sepertiga malam terakhir. Misalnya malam bermula dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB berarti waktu malam adalah 10 jam yang jika dibagi menjadi 3 akan mendapatkan 3 jam 20 menit.

Salat tahajud yang dikerjakan pada tengah malam memang terasa berat bagi yang belum terbiasa menjalankannya. Sebab itu, perlu niat yang kuat agar bisa mengerjakan salat sunnah tersebut. Bagi yang rutin mengerjakan sholat tahajud, ada beberapa ciri yang bisa ditandai.

Ciri-Ciri Orang yang Sering Salat Tahajud

  1. Wajahnya Bercahaya

Ciri-ciri orang yang sering salat tahajud pertama wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan, sebagian ulama Salaf mengatakan, “Barang siapa yang banyak salatnya di malam hari, maka wajahnya kelihatan indah di siang hari.”

Hal ini telah disandarkan oleh Ibnu Majah di dalam kitab sunannya. Dari Jabir ra yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

“مَنْ كَثُرَتْ صَلَاتُهُ بِاللَّيْلِ حَسُنَ وَجْهُهُ بِالنَّهَارِ”

Artinya: Barang siapa yang banyak salatnya di malam hari, maka di siang hari wajahnya tampak indah.

  1. Terjaga Kesehatan Jiwa dan Raganya

Ciri-ciri orang yang sering salat tahajud selanjutnya akan terjaga kondisi kesehatan jiwa dan raganya.

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad).

  1. Akhlaknya Terpuji
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *