Tak Masalah Dikatain Bodoh, Plonga-plongo, Tolol, hingga Firaun, Jokowi Curhat di Pidato Kenegaraan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku secara pribadi tak masalah kerap disebut bodoh, tolol, hingga disamakan seperti Firaun.

Hal tersebut Jokowi sampaikan dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2023, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (16/8).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya tahu ada yang mengatakan saya bodoh, plonga-plongo, tidak tahu apa-apa, tolol, Firaun. Ya ndak apa-apa, sebagai pribadi saya menerima saja,” kata Jokowi.

“Tapi yang membuat saya sedih budaya santun dan budi pekerti luruh bangsa ini kok kelihatannya mulai hilang,” lanjutnya.

Jokowi menyebut keberadaan media sosial membuat apapun bisa disampaikan kepada presiden, mulai dari permasalahan rakyat, kemarahan rakyat, ejekan, makian, hingga fitnah.

“Kebebasan dan demokrasi digunakan untuk melampiaskan kedengkian dan fitnah,” kata Jokowi.

Sebelumnya akademisi Rocky Gerung mengkritik Presiden Jokowi dengan kata-kata ‘bajingan tolol’. Rocky sudah meminta maaf karena telah menimbulkan perselisihan di masyarakat.

Sementara itu Jokowi juga sempat dikritik seperti Firaun oleh budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun pada awal tahun ini. Cak Nun saat itu mengaku ‘kesambet’ ketika menyebut Presiden Joko Widodo seperti Firaun dalam ceramahnya beberapa waktu lalu.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *