Kisah Nyata Gus Dur Mencium Tangan Gus Muwafiq dan Berdirinya Partai PKB

Gus Dur Mencium Tangan Gus Muwafiq
Gus Muwafiq
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – KH Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan nama Gus Dur adalah seorang tokoh muslim Indonesia. Gus Dur juga seorang ulama besar dan dipercaya memiliki kesaktian Wali Allah.

Kanal YouTube “Penerus Nabi”  memberitakan kisah Gus Dur mencium tangan Gus Muwafiq dan mendirikan PKB.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kisah ini juga menjadi cikal bakal lahirnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) masih menjadi Ketua Umum PBNU.

Suatu ketika Gus Dur bermimpi tentang kakeknya Hadrotussyekh KH Hasyim Asy’ari. Dalam mimpi itu, Gus Dur mendapatkan petunjukuntuk membentuk forum khusus warga NU.

Untuk berperan aktif dalam kancah politik yang sesungguhnya, maka lahirnlah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Namun sebelum partai itu terbentuk, Mbah Hasyim Asy’ari meminta agar Gus Dur menemui seorang ulama bernama KH Ahmad Muwafiq. “(PKB) tidak akan bisa kuat tanpa nama tersebut,” kata Mbah Hasyim Asy’ari dalam mimpi Gus Dur tersebut.

Akhirnya Gus Dur pun, mencari nama Gus Muwafiq tersebut di Yogyakarta dimana Gus Muwafiq lahir dan Gus Dur mencarinya.

Gus Dur bertanya kepada beberapa kyai NU namun beberapa Kyai yang ditemui Gus Dur tidak ada satupun yang tahu tentang keberadaan Gus Muwafiq.

Gus Dur terus mencari dan menanyakan kepada kyai yang ada di Jogja Gus Dur pun bertanya apakah ada yang bernama Kyai Ahmad muwafiq?

“Tidak ada nama kyai di Jogja bernama Kyai Ahmad Muwafiq Gus,” ucap Kyai Jogja.

Gus muwafiq yang dicari sebagai mana perintah KH Hasyim Asy’ari kala itu masih menjadi aktivis mahasiswa.

Kebiasaan Gus Muwafiq di kala itu bercelana sobek sobek, rambutnya gondrong dan sangat suka berkegiatan seni musik di kampusnya.

Suatu ketika Gus Dur mengisi acara seminar di kampus IAIN Sunan Kalijaga (sekarang UIN Sunan Kalijaga), dan tanpa disangka Gus Dur ketemu dengan sosok Gus Muwafiq lewat ketua panitia acara bernama Agus Winarto (Almarhum).

“Siapa itu?” tanya Gus Dur kepada Agus Winarto (almarhum), saat mengisi sebuah acara seminar di kampus IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

“Muwafiq lengkapnya siapa?” tanya Gus Dur lagi. “Ahmad Muwafiq jawab Agus,” ujar ketua panitia acara seminar. “Oh ini dia yang saya cari,” berkata Gus Dur.

Saat seminar selesai, Gus Dur bergegas mendatangi Gus Muwafiq muda yang terlihat sedang sibuk membantu panitia acara, dan tanpa ragu Gus Dur mencium tangannya Gus Muwafiq muda.

Saat itulah Gus Dur Berkenalan dengan Gus Muwafiq muda dan meminta berangkat ke Jakarta bersama Gus Dur.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *