10 Kebiasaan Yang Perlu Anda Hentikan Bila Mau Hidup Lebih Lama

Kebiasaan yang harus Anda hentikan jika ingin panjang umur
Paparan gadget atau kecanduan gadget
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada banyak kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang usia. Selain itu, beberapa kebiasaan ini perlu dihentikan atau dihindari jika ingin panjang umur.

Panjang umur adalah dambaan setiap orang, terutama memiliki tubuh yang sehat. Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan hubungan antara mengadopsi kebiasaan sehat dan hidup lebih lama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berolahraga secara teratur, makan makanan yang seimbang dan bergizi, tidur yang cukup, mengelola stres dan bersosialisasi adalah kebiasaan baik yang dapat memperpanjang umur. Jika ingin panjang umur, selain mengikuti kebiasaan baik tersebut, Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk.

Padahal, jika Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan tersebut, inilah saatnya untuk menghentikannya.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut 10 kebiasaan yang harus Anda hentikan jika ingin panjang umur:

  1. Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan mengandung banyak natrium, lemak jenuh, tinggi gula, dan lebih sedikit serat. Menukil Very Well Health, konsumsi terlalu banyak dan sering makanan olahan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, kanker, dan diabetes.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg (kurang dari 2,4 g) natrium setiap hari, serta lebih sedikit untuk lansia dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi.

Segera hentikan kebiasaan ini dan menggantinya dengan konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran.

  1. Paparan gadget

Jika keseharian Anda tak lepas dari gadget, maka cobalah untuk menguranginya secara perlahan. Cara ini dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Ganti kebiasaan terlalu sering pakai gadget dengan melakukan aktivitas di luar ruangan seperti berjalan kaki dan olahraga intensitas ringan lainnya. Bawa diri Anda agar terkena paparan sinar matahari di pagi hari yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Merokok

Stop kebiasaan merokok jika mau panjang umur. Menurut NIH, penggunaan tembakau tetap menjadi penyebab kematian yang paling bisa dicegah. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa merokok dapat merampas satu dekade kehidupan Anda.

Berhenti merokok dapat mengontrol tekanan darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, berhenti merokok juga menurunkan risiko terserang kanker.

  1. Duduk terlalu lama

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard di jurnal BMJ, menemukan bahwa duduk lebih dari tiga jam sehari bisa mengurangi harapan hidup selama dua tahun.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *