‘Great Day!’ Peresmian Museum SBY-Ani Dihadiri Sejumlah Tokoh Tanah Air, Termasuk Anies Baswedan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Peresmian Museum & Galeri SBY-Ani di Pacitan digelar bertepatan HUT ke-78 RI hari ini. Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa 17 Agustus adalah hari yang indah dan bersejarah.

SBY mengatakan itu saat memberikan sambutan peresmian pada Kamis (17/8/2023). Awalnya dia mengatakan bahwa bisa saja museum dan galeri itu diresmikan di tanggal yang lain. Misalnya hari lahirnya atau tanggal pernikahannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mengapa peresmian ini dilaksanakan 17 Agustus. Saya menduga Museum dan Galeri ini diresmikan pada tanggal 9 September, itu hari kelahiran saya. Atau 30 Juli, itu hari pernikahan saya dengan Almarhumah Ibu Ani. Ya tanggal-tanggal itu tanggal baik,” kata SBY dilansir dari detikNews.

Namun bagi SBY, tanggal 17 Agustus juga merupakan tanggal yang indah. Dia menegaskan bahwa 17 Agustus adalah hari yang indah dan bersejarah sehingga dia memilihnya.

“Tetapi, tidakkah 17 Agustus juga hari yang indah. Great day. Hari yang bersejarah. Oleh karena itulah saya pilih,” katanya.

SBY pun berharap peresmian Museum & Galeri SBY ANI pada 17 Agustus bisa membawa berkah di Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, dia juga berharap peresmian Museum & Galeri SBY ANI bisa membawa bangsa Indonesia menuju masa depan.

“Dengan harapan saya, dan kita semua mendapatkan berkah hari kemerdekaan. Sehingga di tengah hari yang patut syukuri dan rayakan ini, hadir sebuah museum dan galeri yang Insya Allah menjadi perjalanan bangsa kita menuju masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Sejumlah Tokoh yang Hadir

Sejumlah tokoh menghadiri peresmian Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan, malam ini. Terlihat bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan hingga mantan wakil presiden Jusuf Kalla dan Boediono.

Seperti terlihat dalam siaran langsung akun YouTube Agus Yudhoyono, Kamis (17/8/2023), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampak duduk di tengah, pada barisan terdepan. Di samping SBY ada Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Terlihat juga Wakil Presiden ke-11 Boediono serta besan SBY Hatta Rajasa. Selain itu hadir juga Chairman CT Corp Chairul Tanjung bersama istri Anita Tanjung. Anies Baswedan terlihat juga hadir dalam acara itu.

Tidak ketinggalan kedua anak SBY beserta menantu hingga para cucu. Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan serta Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa.

Seputar Museum SBY-Ani

Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan termasuk istimewa. Bangunan megah di tepi Jalan Lintas Selatan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan itu akan menjadi museum kepresidenan pertama di Asia. Keberadaannya juga diharapkan menjadi ikon baru pariwisata Kota 1001 Gua.

“Museum dan Galeri SBY*ANI ini sangat fenomenal. Jadi ini museum kepresidenan pertama di Asia, bukan hanya di Indonesia. Ini strategisnya,” kata Koordinator Bidang Media Museum dan Galeri SBY*ANI, Herzaky Mahendra Putra dalam konferensi pers di Pacitan, Rabu (16/8) siang.

Keistimewaan lainnya, kata Herzaky, adalah lokasi pembangunannya. Yakni di wilayah Kabupaten Pacitan. Hal itu tak lepas dari latar belakang sejarah SBY. Presiden ke-6 RI yang menjabat selama 2 periode itu lahir dan menghabiskan masa remaja di wilayah yang berbatasan dengan Samudera Indonesia itu.

“Yang kedua adalah bahwa (museum) ini dibuat di Pacitan,” ujar pria yang menjabat Bakomstra DPP Partai Demokrat itu.

“Jadi ada seorang anak asli Pacitan yang punya mimpi besar untuk Indonesia yang kamarnya hanya 2 kali 1 meter sejak kecil ternyata bisa berhasil mewujudkan mimpinya memimpin negeri ini,” kata Herzaky berkisah tentang salah satu rangkaian catatan masa muda SBY.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *