Pesan Kemerdekaan Ketum PP Muhammadiyah: Jangan Sampai Indonesia Maju secara Fisik tapi Keropos Jiwanya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan pesan kebangsaan memperingati hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Dia mengatakan, momentum peringatan hari kemerdekaan menjadi waktu merekonstruksi nilai luhur yang menjadi pondasi bangsa Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia mengatakan, nilai luhur tersebut dihayati agar Indonesia bisa maju dari sisi fisik maupun secara non fisik.

“Jangan sampai kita membawa Indonesia maju secara fisik, tetapi keropos rohani dan jiwanya. Kehilangan makna dari pembukaan, batang tubuh, UUD 45 dan Pancasila dengan lima silanya yang mendasar, dan spirit perjuangan para pendiri bangsa. Kita boleh merekonstruksi itu, di saat boleh jadi saat ini kita mengalami distorsi, penyimpangan dan peluruhan,” kata Haedar dalam keterangan tertulis, Kamis (17/8/2023).

Haedar juga mengatakan, perayaan kemerdekaan menjadi momentum rasa syukur sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan bangsa.

Dia mengajak agar seluruh elemen bangsa bisa merefleksi usia 78 Indonesia.

“Maka ketika hari ini kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-78, selain kegembiraan kita perlu berrefleksi secara mendalam baik bagi seluruh elit, maupun warga bangsa di struktur pemerintahan, komponen bangsa, dan kekuatan-kekuatan bangsa,” kata Haedar.

Selain itu, Haedar juga menegaskan agar momentum kemerdekaan bisa dijadikan ajang konsolidasi bangsa.

Nilai-nilai pancasila harus dikonsolidasikan menjadi nilai yang hidup agar perjalanan bangsa Indonesia bisa lebih terarah.

Terakhir, dia berharap agar ada transformasi kehidupan kebangsaan di Indonesia untuk merespons daya saing dan perubahan global.

“Bangun fisik, tetapi juga bangun jiwanya. Jangan sampai Indonesia kuat ragat fisiknya, tapi lemah jiwanya. Apalagi fisiknya tidak kuat, fisiknya rapuh. Kita mampu bangkit untuk menjadi negara maju jika kita bersatu, jika kita menyerap nilai-nilai luhur itu sekaligus mentransformasikan Indonesia ke depan, Indonesia Emas yang berdiri tegak di atas konstitusi,” ujar dia.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *