Kereta Cepat PT. KCIC Jakarta-Padalarang, Tidak Sampai Bandung

Kereta Cepat PT. KCIC Jakarta-Padalarang
Kereta Cepat Jakarta-Padalarang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Namanya Kereta Cepat Jakarta Bandung, tapi orang tidak bisa langsung ke Kota Kembang saat menggunakannya. Yang terdekat, mereka harus turun di stasiun Tegalluar dan menggunakan transportasi lain untuk mencapai pusat kota.

PT Kereta Api Indonesia China (KCIC) memiliki panjang saluran transmisi 142,3 kilometer. Jika dihitung, jumlah perhentian kereta cepat adalah empat stasiun dan satu depo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar, stasiun ini juga berfungsi sebagai depo. Untuk penggunaan stasiun Padararang akan menjadi stasiun pusat yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan kereta api.

Tujuannya untuk melayani penumpang dari Bandung Barat dan Kota Bandung. Sedangkan stasiun Tegalluar juga melayani Bandung Timur.

Mengenai harga tiket KA Ekspres Jakarta-Bandung, KCIC menyebut berdasarkan hasil survei, kereta cepat rute terjauh dikenai biaya Rp 350.000. Sedangkan pada masa awal beroperasi, tarif KA cepat sebesar Rp 250.000.

Akan tetapi, ongkos yang diperlukan bagi masyarakat yang ingin menuju ke Kota Bandung tentu akan lebih dari itu. Pasalnya, Kereta Cepat Jakarta Bandung tidak langsung berhenti di Bandung.

Rute Stasiun Kereta Cepat

Kereta cepat direncanakan akan beroperasi pada pukul 5.30 sampai 22.00 WIB. Waktu tempuh maksimalnya adalah 46 menit.

Memiliki empat stasiun, kereta cepat akan memulai perjalanan dari Stasiun Halim di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Di sana, sudah terhubung dengan Light Rail Transit (LRT) Terletak di kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Kemudian kereta akan menempuh jarak 41,166 km menuju stasiun Karawang yang termasuk Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta. Stasiun itu terletak di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Dari Karawang, Kereta Cepat kembali menempuh perjalanan sejauh 55,550 km ke Padalarang yang menjadi stasiun Hub KCJB. Stasiun itu terletak di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Terakhir, kereta cepat akan melaju sejauh 45,584 km dari Padalarang ke Tegalluar. Stasiun itu terhubung dengan Bus Rapid Transit (sebagai depo), dan Terletak di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Kereta Feeder dari Padalarang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kereta penumpan atau feeder di Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, bagi pengguna Kereta Cepat. Pada Oktober 2023 nanti, layanan kereta feeder tersebut dijamin sudah siap beroperasi.

Untuk prasarana kereta feeder ini, jalur kereta memanfaatkan yang sudah ada. Kemungkinan, kereta tersebut berhenti di dua stasiun dari Stasiun Padalarang, yakni Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung.

Kereta feeder yang disiapkan akan mengangkut penumpang kereta cepat dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung dengan waktu tempuh 19-22 menit. Namun, kecepatan waktu tempuh tergantung pada pola operasinya, apakah akan berhenti di Cimahi atau tidak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *