Kereta Cepat PT. KCIC Jakarta-Padalarang, Tidak Sampai Bandung

Kereta Cepat PT. KCIC Jakarta-Padalarang
Kereta Cepat Jakarta-Padalarang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Rencananya, pola operasi kereta feeder dilakukan 72 perjalanan setiap harinya, terdiri dari 36 perjalanan pulang pergi dari Padalarang-Bandung. Waktu tunggu antar keretanya akan dibuat sekitar 30-45 menit.

Angkutan Umum dari Tegalluar

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung tengah menyiapkan rute atau trayek untuk sarana transportasi penunjang bagi penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun KCJB Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Iman Irianto mengakui pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Jabar untuk menyediakan berbagai alternatif transportasi ke TOD KCJB di Tegalluar. Mulai dari Trans Metro Pasundan (TMP), Bus Rapid Transit (BRT), hingga angkot yang memang rutenya melintasi Stasiun Tegalluar.

Selain sarana transportasi, sejumlah fasilitas telah disediakan untuk melengkapi operasional KCJB yang ditargetkan diujicoba pada September Agustus 2023. Mulai dari jalan, trotoar, pembenahan drainase, hingga skema rekayasa lalulintas.

Skema Bundling Tiket

Perjalanan menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung pun kabarnya akan ada skema penjualan bundling. Nantinya, masyarakat yang mau ke Bandung bisa membeli tiket gabungan untuk Kereta Cepat dan Feeder.

Akan tetapi, PT KAI menuturkan masih belum ada kesepakatan mengenai sistem tiket bundling tersebut.

Sebagai patokan, tarif layanan KA Lokal Bandung untuk rute dan jalur yang sama dengan Feeder Kereta Cepat harganya Rp 5.000 per penumpang. Bisa jadi, harga kereta feeder pun tak jauh berbeda dari tarif tersebut.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri kabarnya ongkosnya sebesar Rp 250.000 per orang. Sehingga, ada kemungkinan masyarakat yang mau naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung langsung ke Kota Bandung perlu menambah ongkos untuk kereta feeder.

Ojol Jadi Salah Satu Pilihan

Salah satu transportasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin ke Kota Bandung dari stasiun Tegalluar maupun Padalarang adalah ojek online (ojol) dan taksi online. Namun, tentunya biaya yang harus dirogoh akan lebih mahal.

Bagi masyarakat yang berangkat dari Jakarta bisa memilih berhenti di Stasiun Padalarang dan menempuh jarak 22,16 km ke Bandung. Bisa juga berhenti di Stasiun Tegalluar dan menempuh jarak 19 km ke Bandung.

Berdasarkan harga tarif per Agustus 2023, biaya menggunakan Ojol dari Tegalluar ke Bandung berkisar antara Rp45.000 sampai Rp51.000. Sedangkan taksi online berkisar antara Rp92.000 sampai Rp110.000.

Sedangkan dari Padalarang ke Bandung, biaya menggunakan Ojol berkisar antara Rp48.000 sampai Rp51.000. Kemudian tarif taksi online berkisar antara Rp114.000 sampai Rp131.000.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *