Rakernas MPK PP Aisyiyah: Siapkan Kader Untuk Menghidupkan Islam dan Rancang Agen Internasional

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Yogyakarta, Hajinews.id — Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah selenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mulai 18 sampai 20 Agustus 2023 di SM Tower and Convention, Kota Yogyakarta.

Salmah Orbayinah dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan ini bagian dari ajaran Islam yang menghidupkan. Oleh karena itu, jika ditarik ke belakang maka agenda ini adalah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dibutuhkan sebuah pelaku atau manusia yang menggerakkan, memiliki ideologi dan wawasan yang luas dalam kehidupan umat Islam,” ungkap Bayin.

Dari situ maka dipahami pentingnya kaderisasi. Kader memiliki peran penting untuk memajukan ‘Aisyiyah. MPK bertugas untuk menyiapkan kader yang kualitasnya di atas rata-rata, karena mereka memiliki amanah untuk menggerakkan roda organisasi.

Terkait dengan kaderisasi, lanjut Bayin, ini selaras dengan program pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memajukan bangsa. Lebih luas dari itu, kader-kader ‘Aisyiyah juga untuk memajukan umat, bangsa dan kemanusiaan universal.

“Persiapan kader juga menjadi bagian dari suksesi kepemimpinan, baik itu di Muhammadiyah dan di ‘Aisyiyah,” imbuhnya.

Mengutip pesan KH. Ahmad Dahlan, Bayin mengingatkan kepada kader supaya tidak boleh menduakan pandangan Muhammadiyah dengan pandangan lain, serta tidak boleh ‘mutung’ jika menerima kritikan sekaligus juga jangan sampai jubria (ujub dan ria) ketika menerima sanjungan.

Sementara itu, Ketua MPK PP Muhammadiyah, Mami Hajaroh dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakernas ini diikuti oleh seluruh perwakilan wilayah, sekaligus juga perwakilan dari beberapa Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) secara online dan PCIA Turki hadir secara langsung di Yogyakarta.

“Berkembangnya cabang di luar negeri, itu bagian dari kita membunyikan internasionalisasi ‘Aisyiyah,” ungkapnya.

Mami Hajaroh menekankan, bahwa salah satu tugas MPK PP ‘Aisyiyah adalah memetakan kader untuk ‘membunyikan’ ‘Aisyiyah di luar negeri. Oleh karena itu, pembahasan cabang dan ranting menjadi bagian dari Rakernas MPK PP Muhammadiyah.

Ikut hadir di acara ini Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah, Bendahara Umum PP Muhammadiyah sekaligus Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief, serta Didik Suhardi dari Kemenko PMK yang hadir secara daring mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *