4 Nama Kota Mekkah Disebutkan Dalam Al Quran Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Nama Kota Mekkah
Kota Mekkah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idMekkah merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Baitullah, Ka’bah juga ada di Makkah.

Tak heran Mekkah begitu populer di seluruh dunia, terutama di kalangan umat Islam. Karena setiap tahun jutaan umat Islam di seluruh dunia menunaikan ibadah haji dan umrah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mekkah juga merupakan kota bersejarah. Nabi Muhammad SAW pertama kali diutus ke kota tersebut.

Penyebaran Islam dimulai di Makkah, ketika suku utamanya adalah suku Quraisy. Bani Hasyim adalah suku Nabi SAW dan merupakan bagian dari suku Quraisy.

Mekkah dan Madinah adalah dua kota suci yang disebutkan beberapa kali dalam Al Quran. Ternyata, nama kota Mekkah disebutkan beberapa kali dalam Al Quran.

Berikut ini adalah 4 penyebutan kota Makkah dalam Al-Qur’an:

1. Makkah

Mengutip laman NU Online, Kota Makkah sebagai tempat suci disebut dalam Al-Qur’an berulang kali dengan beberapa istilah, di antaranya:

Allah SWT menyebut kota Makkah di dalam Alquran sebagaimana yang disebut dalam surat Al Fath ayat 24:

وَهُوَ الَّذِيْ كَفَّ اَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ عَنْهُمْ بِبَطْنِ مَكَّةَ مِنْۢ بَعْدِ اَنْ اَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْ ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرًا

“Dialah (Allah) yang menahan tangan (mencegah) mereka dari (upaya menganiaya) kamu dan menahan tangan (mencegah) kamu dari (upaya menganiaya) mereka di tengah (kota) Makkah setelah Dia memenangkan kamu atas mereka. Allah Mahamelihat apa yang kamu kerjakan.”

Ayat di atas secara jelas bahwa Allah menyebut kota Makkah. Sebagaimana dengan istilah yang umum dengan saat ini untuk dipakai.

2. Bakkah

Makkah disebut juga dengan istilah “Bakkah”. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 96:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

Dalam //Tafsir Al-Azhar// karya Buya Hamka, dia menjelaskan ayat di atas menegaskan bahwa Bakkah merupakan nama lain dari negeri Makkah. Tempat yang sejak dahulu didirikan untuk manusia beribadah kepada Allah Yang Maha Esa sebagai lambang Tauhid

Buya Hamka menjelaskan, antara huruf Ba dengan huruf Mim adalah berdekatan makhraj (tempat keluar) hurufnya, huruf bibir. Oleh sebab itu, zaman dahulu orang Arab ada yang menyebutnya dengan Bakkah atau yang disebut juga dengan Baitullah (Rumah Allah).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *