Anda Terlilit Utang? Bacalah Doa Ini Agar Segera Bisa Terlunasi

Terlilit Utang? Bacalah Doa Ini
Berdoa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jika Anda memiliki utang kepada teman atau pinjaman online, Anda pasti akan kesulitan untuk melunasinya. Saat Anda berjuang untuk membayar hutang Anda, dukung juga dengan berdoa kepada Allah agar dipermudah.

Rasulullah selalu mengajarkan kepada kita untuk berdoa kepada Allah memohon pertolongan-Nya ketika kita memiliki masalah, salah satunya adalah hutang. Karena hutang adalah kewajiban, maka harus dilunasi kapan saja kecuali dibebaskan peminjamnya

Dalam laman NU Online, disebutkan bahwa Nabi SAW pernah mengajari seorang sahabat Anshar yang memiliki masalah utang, sebagaimana dikisahkan Abu Dawud.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat itu, Nabi melihat seorang lelaki Ansar bernama Abu Umamah sedang duduk di luar masjid. Maka Rasulullah menyapanya dan bertanya kepadanya.

“Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu salat?” tanya Rasulullah.

Abu Umamah menjawab, “Aku kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” jawab Abu Umamah.

Saat itu Rasulullah kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?”

Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasulullah.”

Maka saat itu Rasulullah pun mengajarkan kepada Abu Umamah doa untuk memberikannya kemudahan dalam melunasi segala utang dan kebingungan yang ada pada dirinya.

Masih pada laman NU Online adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada Abu Umamah itu dibaca saat memasuki waktu pagi dan sore. Berikut doa agar kamu dipermudah segala urusan utang dan kebingungan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin: “Allâhumma inni audzu bika minal hammi wal hazan. Wa audzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa audzu bika minal jubni wal bukhl. Wa audzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal,”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Saat itu, Abu Umamah mencoba untuk mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah. Abu Umamah pun menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.”

Namun selain doa agar diberikan kemudahan untuk melunasi utang dan segala kebingungan. Setelah berhasil melunasi utang, ada juga doa yang dapat dipanjatkan.

Sebab, bisa membayar utang merupakan sebuah nikmat dari Allah yang harus disyukuri oleh orang yang berutang. Berikut ini doa setelah membayar utang yang dilansir dari laman NU Online.

Berikut doa setelah membayar utang yang dimana diriwayatkan dari Abdullah bin Abi Rabi’ah RA;

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Latin: Bārakallāhu laka fī ahlika wa mālika.

Artinya: “Semoga Allah memberkatimu pada keluarga dan hartamu.”

Itulah doa agar kamu segera diberikan kemudahan untuk melunasi segala utang dan diberikan kemudahan saat sedang kesulitan atau kebingungan. Selain berusaha, panjatkan doa selalu agar Allah selalu melindungi kita.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *