Surat untuk Meringankan Sakaratul Maut yang Dapat Diamalkan

Surat Meringankan Sakaratul Maut
ilustrasi: Sakaratul Maut
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Rasulullah SAW juga pernah ditanya mengenai sakitnya sakaratul maut yang paling ringan sebagaimana diriwayatkan Adh-Dhahak ibn Hamzah. Beliau SAW menjawab, “Rasa sakit akibat kematian yang paling ringan adalah sama seperti seratus kali tusukan pedang.”

Surat Yasin untuk Sakaratul Maut

Antara orang mukmin dan kafir akan mengeluarkan tanda yang berbeda saat menghadapi sakaratul maut hingga nyawa itu dicabut. at-Thabrani meriwayatkan dalam al-Kabir, Ibn Mas’ud menuturkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sesungguhnya nyawa seorang mukmin akan keluar disertai cucuran keringat, sedangkan nyawa orang kafir keluar seperti mengalirnya nafas keledai. Sesungguhnya orang mukmin pasti melakukan kesalahan. Oleh karena itu, dia akan merasakan kesulitan ketika menghadapi kematian sebagai tebusan bagi kesalahannya. Sedangkan orang kafir pasti memiliki kebaikan, sehingga dia dimudahkan dalam kematiannya sebagai tebusan.”

Ahli fikih, Sayyid Sabiq, dalam kitab Fiqh Sunnah-nya, menyebutkan sebuah hadits yang berisi anjuran membacakan surat Yasin bagi orang yang menghadapi sakaratul maut. Dari Ma’qal bin Yasar, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Yasin adalah jantungnya Al-Qur’an. Tidaklah seseorang membacanya dengan mengharapkan ridha Allah SWT kecuali ia akan diampuni. Dan bacakanlah surat Yasin kepada orang yang meninggal dunia di antara keluarga kalian.” (HR Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i, Hakim, dan Ibnu Hibban)

Berkaitan dengan itu, Ibnu Hibban berkata, “Maksud dari hadits Rasulullah SAW ini adalah diperuntukkan bagi orang yang dalam keadaan sakaratul maut, bukan orang yang sudah meninggal dunia.”

Pernyataan Ibnu Hibban tersebut turut diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya. Dari Sufyan RA, ia berkata bahwa beberapa syekh berkata, “Jika surat Yasin dibacakan bagi orang yang sedang dalam sakaratul maut, maka proses pencabutan nyawanya akan dipermudah oleh Allah SWT.”

Wallahu a’lam.

banner 800x800