Bolehkah Membaca Surat Al Ikhlas Saat Salat Subuh? Berikut Penjelasannya

Membaca Surat Al Ikhlas Saat Salat Subuh
Membaca Surat Al Ikhlas Saat Salat Subuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salat Subuh merupakan salat wajib yang rakaatnya paling sedikit diantara salat wajib lainnya seperti Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Ketika salat subuh, ada beberapa surat anjuran yang harus dibaca. Lantas, bolehkah membaca Surat Al Ikhlas saat salat subuh? Berikut ulasannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Salat Subuh merupakan bagian dari salat wajib dan berjumlah 2 rakaat. Salat subuh mempunyai keutamaan besar. Adapun salah satu keutamaannya, malaikat akan melihat seorang muslim menunaikan salat Subuh, sebagaimana tercantum dalam ayat 78 surat Al-Qur’an, Isra, sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (malaikat).” [QS: Al-Isra: 78]Saat melaksanakan sholat subuh, ada sejumlah surat dalam Alquran yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat Muslim. Nah yang menjadi pertanyaan, apakah boleh membaca surat Al Ikhlas pada sholat subuh? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bacaan Surat yang Dianjurkan Dibaca Dalam Sholat Subuh

Penting untuk diketahui bahwa saat melaksanakan sholat Subuh, bacaan surat-surat pendek seperti surat Al Ikhlas, An Nas, Al Falaq atau surat-surat pendek lainnya tak dianjurkan dibaca baik pada rakaat pertama maupun rakaat kedua sholat subuh.

Bukan berarti membaca surat-surat pendek saat sholat subuh itu tidak diperbolehkan atau menjadi tidak sah, tentu saja sholatnya tetap sah. Hanya saja akan lebih afdhol membaca surat-surat yang lebih panjang saat melaksanakan sholat subuh. Hal ini tertuang juga dalam hadi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad berikut ini.

“Orang itu memanjangkan dua rakaat pertama shalat Zuhur dan meringankan dua rakaat terakhir, meringankan bacaan pada shalat Ashar, dan pada shalat Maghrib membaca qisharul mufashshal  (surah-surah pendek), pada shalat Isya membaca wasathul mufashshal (surah yang panjangnya pertengahan), dan pada shalat Subuh membaca thiwalul mufashshal (surah-surah yang panjang).” [HR Imam Ahmad]

Selain dalam hadis di atas, anjuran membaca surat-surat panjang saat sholat subuh juga tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Ahmad. Berdasarkan hadis tersebut, berikut ini daftar surat-surat panjang yang dianjurkan untuk dibaca saat shalat Subuh:

  • Surat Al Baqarah ayat 136
  • Surat Al Imron ayat 64
  • Surat Al Waqi’ah
  • Ath-Thur
  • Qaf
  • At-Takwir

Demikian ulasan mengenai apakah boleh membaca surat Al Ikhlas pada sholat subuh lengkap dengan daftar bacaan surat-surat yang dianjurkan untuk dibaca saat sholat subuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *