Habib Umar bin Hafidz Bersama Lautan Manusia di Gresik Berdoa Memohon Keberkahan Jawa Timur dan Indonesia

Habib Umar bin Hafidz Bersama Lautan Manusia di Gresik
Habib Umar bin Hafidz Bersama Lautan Manusia di Gresik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik memutih total pada Selasa (22/8) malam. Puluhan ribu jamaah datang dari berbagai daerah. Bersama Habib Umar bin Hafidz, mereka dengan khidmat mengucapkan rasa syukur atas kemerdekaan dalam Tablig Akbar. Ulama besar dan pendakwah dunia dari Yaman.

Kehadiran jemaah diyakini merupakan yang terbesar di Gresik. Bukan hanya untuk mengisi lapangan dan tribun stadion. Massa pun meluber jalan utama. Bahkan, mereka menunggu dari siang hingga tengah malam dan merasa seperti di rumah sendiri. Iringan Shalawat terus mengalun merdu. Memang ada puisi-puisi perjuangan dan patriotisme yang diiringi irama hadrah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Antusiasme para jemaah itupun membuat kagum seorang ulama asal Afrika Selatan, yang turut hadir. ‘’Sepanjang usia saya 68 tahun, tidak pernah menyaksikan perkumpulan sebanyak ini. Fenomena ini menunjukkan kecintaan kalian kepada Allah, kepada Rasulullah, dan ahlul bait, keluarga Nabi Muhammad SAW,’’ ujarnya saat memberikan sambutan.

Selain Habib Umar bin Hafidz, hadir juga para habaib dari berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan beberapa kepala daerah juga hadir. Di antaranya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan sejumlah bupati, Wabup, serta wali kota lain.

Dalam sambutannya, Khofifah mengaku bersyukur Habib Umar bin Hafidz bisa hadir di Jawa Timur. ’’Habib Umar bin Hafidz, mohon kami didoakan, Jawa Timur masyarakatnya guyub rukun, dan penuh ridha barakah Allah SWT. Mudah-mudahan Jawa Timur damai, masyarakatnya bahagia, sejahtera,’’ ujar gubernur yang juga ketua umum PP Muslimat NU itu.

Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Khofifah juga mohon didoakan agar semuanya hidup dalam kedamaian, ketenteraman, kebahagiaan, dan keberkahan Allah SWT. ‘’Mudah-mudahan hadirnya Habib Umar bin Hafidz dan rombongan, semua akan meneteskan ilmu yang barakah bagi kita semua,’’ tambahnya.

Habib Umar adalah putra dari Habib Muhammad bin Salim. Seorang dai terpandang di Tarim, Yaman. Dia dikenal luas sebagai mufti mazhab Imam Syafii. Piawai berdakwah sejak usia belasan tahun. Maklum, habib berusia 60 tahun itu telah mendalami ilmu-ilmu agama sejak masih anak-anak. Habib Umar juga memiliki kecintaan dan kemampuan terhadap dunia sastra.

Maulid Adh-Dhiyaal-Lami (Cahaya Terang Benderang) merupakan salah satu karyanya yang paling terkenal. Di Indonesia, kitab ini lebih dikenal sebagai Maulid Al-Habib Umar. Syair-syair yang berisi pujian pada Nabi Muhammad SAW. Untaian kata, hikmah, dan kalimatnya begitu indah. Terkandung spirit didaktis (mendidik). Banyak menyuguhkan sejarah kelahiran dan metode dakwah Rasulullah yang penuh cinta dan kelembutan.

Dalam tausiyahnya di Gresik, Habib Umar bin Hafidz banyak menyinggung pentingnya perilaku hanya semata-mata mendapatkan ridha Allah. Dia juga sempat melontarkan pujian pada Indonesia. Dikatakan, Allah telah memberikan begitu banyak anugerah. Di antaranya, kehadiran banyak wali dan ulama. Penerus dakwah Rasulullah. Dari sejak zaman dulu hingga sekarang. Bahkan, di Jawa Timur termasuk paling banyak wali.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *