12 Ciri-Ciri Istri Durhaka Menurut Islam, Cemburu hingga Terlalu Sibuk

Ciri-Ciri Istri Durhaka
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



6. Terlalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah

Tak ada salahnya apabila seorang istri memiliki kegiatan tambahan di luar rumah. Namun, pastinya hal itu harus mendapatkan izin dari suami dan tidak menjadikannya lupa dengan tanggung jawab sebagai istri.

Hal yang paling sering terjadi ialah ketika istri terlalu sibuk dengam kegiatan luar, sehingga dia cenderung abai terhadap keluarganya. Inilah salah satu ciri istri yang durhaka karena tidak peduli dengan rumah tangganya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

7. Kurang atau tak bisa menjaga perasaan suami

Suami dan istri harus bisa menyenangkan hati pasangannya satu sama lain. Ada banyak jalan untuk menyenangkan hati pasangan, mulai dari mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, menunjukkan wajah yang ramah, dan memberikan perhatian terhadap pasangan.

Apabila seorang istri tidak bisa melakukan itu semua, dampaknya akan terasa pada perasaan suami. Ia akan merasa sedih dan merasa tidak dihargai apabila hal-hal baik seperti itu tidak diperolehnya.

Lebih parahnya lagi, apabila istri melontarkan kalimat-kalimat kasar yang menyakitkan hati. Hal ini jelas merupakan ciri istri yang durhaka terhadap suami.

8. Menceritakan keburukan suami atau keluarga

Perempuan memang dikenal kerap bercengkerama dengan perempuan lain. Tidak bisa dipungkiri, terkadang aktivitas tersebut terlalu berlebihan, sehingga mengarahkannya pada gibah. Allah SWT sangat melarang hamba-Nya bergibah karena itu seperti memakan daging bangkai saudaranya sendiri.

Istri yang menceritakan keburukan suami dan keluarganya, maka ia menunjukkan perilaku gibah. Padahal, seorang istri harus menutupi aib dirinya sendiri, suami, dan keluarga.

Istri yang bercerita tentang keburukan suami atau keluarga terhadap orang lain, berarti ia telah membuka aib sendiri.

9. Berkhianat, berhubungan dengan orang lain

Berkhianat atau menjalin hubungan dengan orang lain yang merupakan lawan jenis termasuk bentuk dosa besar.

Seseorang yang berkhianat atau berselingkuh menunjukkan bahwa ia tidak bisa memelihara rumah tangganya. Oleh karena itu, istri yang berkhianat tentu menunjukkan ciri istri yang durhaka karena telah mengingkari suaminya.

10. Membelanjakan uang suami secara berlebihan

Seorang suami bertanggungjawab dalam memberikan nafkah kepada istri dan keluarganya untuk hidup. Namun, apabila nafkah tersebut tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya, maka ini akan menjadi mudarat.

Apalagi jika seorang istri berbohong tentang uang suami. Misalnya, hendak membeli sebuah rice cooker, namun berbohong soal nominalnya hanya agar ia bisa membeli kebutuhan pribadinya.

Ini menjadi salah satu ciri istri yang durhaka karena berdusta dengan suami.

11. Sering mengeluhkan kehidupan rumah tangga

Berkaitan dengan fakta atau kenyataan bahwa tidak ada rumah tangga yang sempurna, ada baiknya bagi manusia untuk selalu bersyukur dan tabah dalam segala hal, terutama ketika dihadapi dengan urusan rumah tangga yang pelik.

Istri yang sering mengeluhkan tentang kehidupan rumah tangganya, maka ia menunjukkan ciri dari istri yang durhaka. Pasalnya, itu artinya ia tidak bersyukur atas segala nikmat dan karunia di rumah tangganya.

12. Memaksa suami melakukan apa yang dimau

Terkadang, ada beberapa tindakan istri yang mengarah pada terkekangnya suami. Tindakan seperti overprotektif, materialistis, hingga perasaan ingin didengar tanpa mau mendengar, menjadi ciri dari istri yang durhaka.

Baik suami maupun istri sudah seharusnya melakukan segala hal (dalam kebaikan) yang diinginkan karena itu merupakan haknya. Namun, apabila istri secara koersif meminta suami melakukan hal yang sebenarnya tidak ingin suami lakukan, maka hal itu termasuk zalim. Istri yang salihah tentu menghindari tindakan tersebut.

Itulah 12 ciri istri durhaka menurut Islam yang harus dijauhi. Semoga kita selalu dihindarkan dari segala bentuk dosa ini ya, Ma.

banner 800x800