Proyek IKN: Spekulasi Terbesar Tentang Masa Depan Indonesia?

Proyek IKN
Ibu kota Nusantara. Foto: Website IKN.go.id
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Namun, kami yakin infrastruktur dasar yang dibangun hingga tahun 2024 akan menjadi landasan yang kuat bagi masuknya investasi swasta,” kata Wicaksono kepada CNBC International pada bulan Juni. Menurutnya, permainan investasi perlu menunjukkan kekuatan dan pengaruhnya dalam permainan.

Bruno Lanvin, Presiden Smart City Observatory di IMD Business School, mengatakan investor dari Asia-Pasifik perlu mengambil inisiatif sebelum negara-negara lain di dunia mengikuti jejaknya. Lanvin mengungkapkan bahwa investor memiliki kecenderungan mengikuti pergerakan mayoritas dana aliran dana.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ini adalah keputusan sektor publik dan merupakan sesuatu yang telah diumumkan oleh presiden, jadi setidaknya mereka yang membicarakannya harus menaruh uang mereka di mulut mereka,” tambahnya.

“Tidak ada keraguan bahwa Asia-Pasifik akan memimpin dunia dalam hal pertumbuhan, produksi, daya saing, demografi, dan talenta dalam 10 tahun ke depan… Jadi mobilisasi kepentingan di kawasan ini akan sangat penting bagi keberhasilan finansial Nusantara,” katanya.

Pengembang Indonesia Ciputra Development adalah perusahaan terbaru yang mengumumkan akan berinvestasi di Kawasan IKN. Perusahaan tersebut berencana mengembangkan bangunan seluas 300 hektar yang akan mencakup rumah, hotel, dan mungkin lapangan golf.

Ketidakpastian seputar presiden Indonesia berikutnya adalah hambatan utama yang turut membuat investor enggan berinvestasi.

Pemerintahan Jokowi menikmati peringkat persetujuan yang kuat karena masyarakat Indonesia “sangat puas dengan proyek infrastruktur dan program pembangunannya,” kata Martinus.

“Tetapi ada perdebatan politik tentang apa yang akan terjadi jika partai oposisi menang,” ujarnya. “Selera mereka untuk melanjutkan proyek ini sangat rendah – jadi ada kekhawatiran di sana.”

Namun, proyek ini akan berjalan jika pemerintahan saat ini terpilih kembali, katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah saat ini “sangat, sangat serius dalam membangun ibu kota baru.”

Bagaimana Nasib Jakarta?

Kurangnya pendanaan hanyalah awal dari serangkaian masalah yang mungkin dihadapi Indonesia jika ibu kota dipindahkan ke IKN, dan perpindahan tersebut dapat menciptakan tantangan baru bagi Jakarta.

Para peneliti menyuarakan kekhawatiran bahwa pemindahan ibu kota akan mengurangi fokus pembangunan Jakarta dan warga yang tinggal di sana akan menanggung beban terbesarnya.

“Hal ini menimbulkan pertanyaan, apa yang akan terjadi pada masyarakat yang tidak akan direlokasi? Siapa yang akan berinvestasi pada sumber daya untuk melindungi aset mereka jika mereka tetap tinggal di Jakarta?” Diane Archer, peneliti senior di Stockholm Environment Institute mengatakan.

Karenanya, jelasnya, kota ini rawan banjir dan belum ada langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada banyak warga di Jakarta yang tinggal di pemukiman pedesaan dan tidak memiliki sumber daya untuk berpindah, kata Archer.

Bahkan jika warga dipindahkan, kemungkinan besar mereka akan tinggal di kondisi perumahan yang masih buruk, khususnya jika pemerintah tidak menyediakan perumahan subsidi yang terjangkau di IKN.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *