Waspadai Risiko Serangan Jantung Meningkat Dua Kali Lipat Saat Gelombang Panas, Begini Cara Melindungi Diri!

Risiko Serangan Jantung Meningkat
Risiko Serangan Jantung Meningkat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Kita semua tahu bahwa fungsi jantung adalah memompa darah secara terus menerus ke seluruh tubuh. Namun, banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko masalah jantung serius.

Meskipun faktor-faktor seperti pola makan dan aktivitas fisik berada dalam kendali kita, faktor-faktor seperti genetika berada di luar kendali kita. Faktor lain di luar kendali kita adalah panas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

​Hubungan antara jantung dan panas​

Para ahli mengatakan suhu yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa mengalami gelombang panas selama empat hari meningkatkan risiko serangan jantung fatal dua kali lipat.

Suhu tinggi meningkatkan risiko dehidrasi, kelelahan akibat panas, dan sengatan panas. Kondisi ini memberi tekanan pada sistem kardiovaskular Anda.

Dehidrasi mengurangi volume darah, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Ini dapat meningkatkan detak jantung Anda. Stres fisik yang berhubungan dengan panas juga dapat meningkatkan beban kerja jantung, kata para ahli kesehatan.

Gejala yang harus diwaspadai

Masalah jantung yang berhubungan dengan panas meningkatkan detak jantung dan menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit melalui keringat.

Gejala yang harus diwaspadai antara lain detak jantung cepat, pusing, kelelahan, mual, kebingungan, keringat berlebih, nyeri dada, dan sesak napas.

​Cara melindungi jantung saat cuaca panas​

Jadi, untuk melindungi jantung Anda di hari yang panas, prioritaskan untuk minum air putih secara teratur dan pilih makanan kaya air untuk menghindari dehidrasi.

Pilih sumber protein tanpa lemak seperti ikan dan unggas untuk membentuk otot, dan biji-bijian seperti quinoa dan beras merah untuk energi dan serat yang tahan lama. Makanan kaya antioksidan seperti buah beri dan kacang-kacangan dapat melawan stres oksidatif akibat panas.

Batasi juga asupan minuman manis dan beralkohol, serta lemak jenuh. Hindari juga makanan tinggi natrium. Merokok harus dihindari karena memperburuk fungsi kardiopulmoner.

Melewatkan makan dapat memperburuk dehidrasi dan berdampak negatif pada kesehatan jantung. Jadi pastikan untuk makan semua makanan Anda tepat waktu dan persiapkan dengan nutrisi yang menghidrasi dan memberi bahan bakar pada tubuh Anda.

​Bolehkah keluar saat cuaca panas?​

Nah, selain cara di atas, cara lain untuk melindungi jantung saat cuaca panas adalah dengan mengatur aktivitas di luar ruangan saat cuaca dingin dan menghindari keluar rumah di siang hari saat cuaca sangat panas. Kenakan pakaian ringan yang terbuat dari bahan yang akan membuat Anda tetap sejuk.

Aktivitas fisik berat yang membebani sistem kardiovaskular, seperti olahraga berat atau angkat berat, harus diminimalkan.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *