Khasiat Kayu Manis, Pengendalian Diabetes Hingga Pereda Nyeri

Khasiat Kayu Manis
Kayu Manis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kayu manis terkenal dengan rasa dan aroma aromatiknya yang unik. Fitur ini menjadikannya salah satu rempah paling populer di dunia. Di bidang kesehatan, kayu manis dapat digunakan sebagai anti inflamasi, antioksidan, antibakteri, antidiabetes, kardiovaskular, mengontrol kadar lemak, dll.

Penemuan dan khasiat kayu manis telah berlangsung sejak tahun 2800 SM. Penggunaannya secara historis tercatat dalam pengobatan penyakit pencernaan dan pernafasan. Orang Mesir menggunakannya sebagai salah satu bahan untuk mengawetkan mayat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam bahasa Inggris, kayu manis dikenal dengan nama kanel. Orang Jawa menyebut kayu manis Indonesia dengan nama manis, padahal tidak. Bagian yang digunakan adalah bass. Jadi bukan bagian kayunya seperti namanya. Setelah kering, kulit kayunya dijual atau digulung untuk digunakan.

Tanaman kayu manis yang asli adalah kayu manis, jenis variasinya pun bermacam-macam. Ada empat jenis kayu manis yang dikenal dalam perdagangan dunia, yaitu kayu manis asli atau kayu manis Ceylon dari tanaman kayu manis, kayu manis Indonesia dari tanaman kayu manis, kayu manis Vietnam dari tanaman kayu manis, dan kayu manis Cassia atau kayu manis Cina dari tanaman kayu manis. .

Perbedaan jenis kayu manis menyebabkan perbedaan warna, bau, rasa, dan tekstur. Kayu manis Ceylon/Sri Lanka memiliki tekstur yang lebih lembut dan warna yang lebih terang dibandingkan kayu manis jenis lainnya. Harganya lebih mahal, tapi rasanya lebih ringan. Keunggulan utama kayu manis Sri Lanka adalah kandungan senyawa kumarinnya paling sedikit dibandingkan jenis lainnya.

Menentukan kadar kumarin sangat penting. Memang benar, kumarin bersifat racun bagi hati dan bersifat karsinogenik. Dengan cara ini, setiap negara memperhatikan kebutuhan kemungkinan alokasi kayu manis kumarin. Oleh karena itu, masyarakat harus membiasakan diri untuk meneliti informasi tentang jenis dan asal kayu manis yang dibelinya. Hal ini sangat penting untuk penggunaan komersial dan kuliner.

Keanekaragaman makanan dan minuman khas berbagai negara sangat dipengaruhi oleh kekhasan rasa dan aroma kayu manis. Minuman yang terbuat dari campuran berbagai jenis buah-buahan sangat membutuhkan kayu manis sebagai penambah rasa dan penambah rasa. Bubuk kayu manis hadir dalam bentuk bubuk kering yang bisa ditaburkan langsung ke makanan sehari-hari. Misalnya, oleskan pada roti bakar.

Aroma harum kayu manis disebabkan oleh minyak atsiri yang terkandung pada bagian tanamannya. Diantaranya adalah kulit kayu dan daun. Kandungan utama minyak kulit kayu adalah sinamaldehida dan eugenol dari daunnya. Senyawa lain yang terdapat pada kandungan tersebut adalah asam sinamat dan senyawa polifenol. Juga kandungan mineralnya, yang meliputi mangan, zat besi, kalsium, dan serat.

Mangan yang terkandung dalam kayu manis dapat memenuhi 38% kebutuhan tubuh manusia. Mangan merupakan mineral penting bagi kelangsungan berbagai proses metabolisme seluler, pembentukan jaringan ikat, tulang, hormon seks dan berperan dalam fungsi sistem saraf.

Saat ini, para peneliti juga fokus pada sifat antikanker dan merusak otak sebagai penambah kognitif (peningkat memori).

Kayu Manis dan Diabetes

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *