10 Ikan Terbaik Yang Bisa Dimakan di Indonesia

Ikan Terbaik
ikan Gurame
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia banyak menerima imbauan konsumsi ikan. Mulai dari ikan air tawar hingga ikan laut bisa menjadi favorit keluarga.

Nutrisi yang dikandungnya juga sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dagingnya empuk dan lezat, bahkan menggugah selera. Mereka juga menawarkan menu ikan yang diolah dengan berbagai cara, mulai dari warung makan pinggir jalan hingga restoran mewah.

Dari sekian banyak jenis ikan yang bisa disantap, ada yang sangat populer dan sebagian besar disukai masyarakat Indonesia. Kali ini kami akan mengulas sekilas jenis ikan yang paling banyak disantap orang Indonesia.

1. Nila

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat. Habitat aslinya adalah di sungai, tapi masyarakat biasa mengembangbiakkan nila di kolam air tawar.

Selain di sungai, ikan nila juga banyak yang bisa hidup di danau. Bukan hanya dijual di rumah makan dengan cara digoreng atau dibakar, dagingnya juga bisa dijual ketika masih segar.

2. Gurame

Ikan gurame memiliki nama ilmiah Osphronemus goramy. Selain di Indonesia, gurame juga terkenal di Asia Tenggara sampai ke India.

Ikan air tawar ini juga banyak dipelihara di dalam aquarium atau kolam rumahan. Tekstur dagingnya cukup padat dan durinya cukup besar, sehinggaa cukup mudah untuk mengolahnya.

3. Ikan gabus

Di Indonesia, ikan gabus juga biasa disebut ikan kutuk atau ikan bocek. Ikan yang habitatnya di air tawar ini juga merupakan predator. Cara budidaya ikan gabus tidak perlu waktu terlalu lama.

Yang awalnya berukuran 5-7 cm, dalam kurun waktu 6 bulan bisa memanen 5 ekor per kg. Selain nila dan gurame, ikan gabus juga termasuk yang paling banyak dicari di pasaran.

4. Patin

Keunikan ikan patin adalah terlihat memiliki kumis. Ikan yang tergolong genus Pangasius ini sering disebut ikan dori.

Meskipun realitanya ikan patin tidak sama dengan ikan dori. Patin lebih gampang didapatkan dengan harga ekonomis. Rata-rata harganya puluhan ribu rupiah per kg.

5. Lele

Makan Ikan Lele Bisa Sebabkan Hipertiroidisme
Ikan Lele

Lele adalah salah satu ikan air tawar yang juga banyak ditemukan di warung makan. Ciri khas ikan lele adalah bentuknya yang pipih, licin, dan punya kumis atau sungut yang mencuat dari sekitar mulutnya.

Ternak lele bisa dilakukan di pekarangan rumah, yaitu di dalam kolam atau dalam drum.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *