Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ayahanda Cak Imin Saat di Jombang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Sebagai bagian dari kunjungannya di Jombang, Anies Baswedan melakukan ziarah ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif (PPMM) Denanyar, Jawa Timur, pada Kamis (31/8/2023). Selama kunjungan ini, Anies turut mengunjungi makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri.

Terdapat pula di kompleks tersebut, makam dari ayahanda Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, yang dikenal sebagai Cak Imin, yaitu KH Muhammad Iskandar. Tempat peristirahatan terakhir ini berdekatan dengan makam ayahanda Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf, yang dikenal sebagai Gus Ipul, yaitu KH Yusuf Kholil.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebelum melaksanakan ziarah, Anies Baswedan, yang merupakan Bakal Calon Presiden yang diusung oleh Partai Nasdem, melaksanakan tahlil. Dalam suasana yang penuh khidmat, Anies terlihat membaca kalam illahi. Selanjutnya, didampingi oleh pengasuh PPMM Denanyar, KH Abdussalam Shohib (Gus Salam), Anies melaksanakan penaburan bunga di makam KH Bisri Syansuri dan Nyai Khadijah.

Usai itu, Anies juga melaksanakan penaburan bunga di makam KH Muhammad Iskandar, ayahanda Cak Imin, dan makam KH Yusuf Kholil, ayahanda Gus Ipul. KH Muhammad Iskandar wafat pada tanggal 4 Desember 1991, sementara KH Yusuf Kholil meninggal pada tanggal 9 April 1997. Keduanya merupakan cucu menantu dari KH Bisri Syansuri.

Dalam kesempatan ini, Anies menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya ke Jombang adalah untuk melakukan ziarah ke makam para pendiri NU. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi Pondok Denanyar, Anies juga melaksanakan ziarah ke makam para pendiri NU lainnya.

Alumnus UGM (Universitas Gajah Mada) ini mengunjungi makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari di Pesantren Tebuireng dan makam KH Wahab Chasbullah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Tidak hanya itu, Anies juga melaksanakan ziarah ke makam KH Romly Tamim yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk mengunjungi Jombang dan melaksanakan ziarah ke makam para pendiri NU. Kami berharap semoga mereka tetap menjadi teladan bagi kita. Oleh karena itu, kami melakukan ziarah dengan harapan dapat melanjutkan perjuangan ulama-ulama tersebut,” ungkap Anies.

Selama kunjungannya, Anies Baswedan juga mengungkapkan bahwa dirinya juga melaksanakan ziarah ke makam Gus Iim (Hasyim Wahid), ayahanda Cak Imin (KH M Iskandar), serta makam ayahanda Gus Ipul (KH Yusuf Kholil). Setelah meninggalkan makam, Anies juga mengunjungi rumah Cak Imin untuk sungkem dan minta doa restu kepada ibunda dari Ketua Umum DPP PKB tersebut.

Apakah sudah melakukan komunikasi dengan Cak Imin? Anies menyatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan berbagai pihak. Mengenai kunjungannya di Jombang, Anies mengungkapkan bahwa beliau berharap dapat melanjutkan jejak para tokoh utama di awal sejarah Nahdlatul Ulama.

Rombongan Anies kemduian bersama-sama mengadakan pertemuan hangat di rumah kasepuhan Pondok Denanyar, tempat kelahiran KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah cucu dari KH Bisri, yaitu Nyai Latifah Shohib dan Mu’linah Shohib.

Pengasuh PPMM Denanyar, KH Abdussalam Shohib, menyampaikan bahwa dalam pertemuan mereka dengan Anies Baswedan, pembicaraan tidak melibatkan isu politik. Gus Salam hanya menceritakan bahwa yang paling senior di Denanyar adalah Nyai Muhasonah, ibunda Cak Imin. “Pak Anies akhirnya mengunjungi Bu Nyai Muhasonah untuk memohon doa dan restu,” tutur Gus Salam.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *