Khutbah Jumat: Waspadai Bahaya Hoaks Menjelang Tahun Politik

Bahaya Hoaks Menjelang Tahun Politik
Bahaya Hoaks Menjelang Tahun Politik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jika kita mendengar suatu kabar, ada baiknya kita menyimak, membaca, dan memahami kabar tersebut sebelum menyebarkannya. Membutuhkan waktu dan usaha untuk memastikan bahwa kabar tersebut adalah kabar yang benar. Namun kenyataannya banyak orang yang malas memahami kabar yang muncul sehingga sering berkesimpulan bahwa kabar itu benar lantaran diterima dari kelompoknya dan terdorong untuk menyebarkan berita tersebut yang belum pasti kebenarannya kepada kelompok lain yang boleh jadi bukan kelompoknya.

Kabar yang belum dilakukan tabayyun dan sudah dianggap benar, maka sangat mungkin dapat menimbulkan kegaduhan, ketidaknyamanan, dan boleh jadi kepanikan-kepanikan Masyarakat. Mengingat berita hoaks tersebut merupakan berita yang berefek kepada kedudukan masyarakat dimaksud. Karenanya hal ini menjadi perhatian yang besar mengingat kepanikan yang timbul bisa berlanjut kepada kematian. Allah berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

…‌ وَالۡفِتۡنَةُ اَشَدُّ مِنَ الۡقَتۡلِۚ ….

’’… Dan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.…’’ (QS Al-Baqarah/2: 191)

Kedua, renggangnya hubungan baik masyarakat

Dengan adanya berita hoaks, seseorang atau kelompok tertentu yang awalnya berhubungan baik, bisa menjadi renggang atau retak bahkan bisa menimbulkan peperangan atau perkelahian. Sungguh berita hoaks bisa merusak kedamaian dan keretakan atau renggangnya hubungan baik.

Adakalanya berita hoaks ini disebarkan untuk keretakan hubungan baik secara sengaja dan boleh jadi tidak sengaja mengingat penyebarannya sudah mengalami editing yang terlalu jauh sehingga sulit dibendung agar tidak terjadi rengganya hubungan indah masyarakat. Kerenggangan yang berlarut-larut dapat menimbulkan musibah yang membahayakan mereka akibat berita hoaks yang massif di lingkungan mereka.

Ketiga, boros waktu dan harta

Ketika berita hoaks menyebar secara massif, akan sangat berpengaruh terhadap diri seseorang atau masyarakat yang pada gilirannya waktu seseorang dan lebih jauh harta seseorang akan terbuang secara sia-sia hanya untuk menanggapi berita hoaks yang menyebar. Ketika berita hoaks sudah menyebar dan berusaha untuk dinetralkan akan banyak menyita waktu dan harta sehingga waktu dan harta sangat mungkin akan terbuang sia-sia.

Seseorang yang menyebarkan berita hoaks, dia akan tidak terasa membuang waktunya bahkan hartanya untuk kegiatan tersebut yang boleh jadi tidak disadari. Islam melarang buang-buang waktu dan harta secara sia-sia karena merupakan perbuatan yang harus dijauhi dan ditinggalkan karena akan sangat merugi. Allah berfirman:

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّه كَفُورًا

“Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS al Isra: 27)

Keempat, dibenci oleh Allah

Allah menyuruh hamba-Nya untuk selalu berbuat baik dalam menjalani hidupnya sesuai dengan kemampuan dan kesempatannya. Perbuatan baik akan berpengaruh dalam hidup seseorang baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Semua orang akan merasa senang dan bahagia apabila mendapatkan kebaikan dari orang lain, apalagi didapatkan secara terus menerus dan begitu pula sebaliknya.

Perbuatan yang terlarang yang dalam hal ini menyebarkan hoaks akan berpengaruh kepada si pembuat atau penyebar hoaks dan juga masyarakat penerima hoaks tersebut. Celakanya adalah apabila hoaks tersebut merupakan hoaks yang terkait dengan ketenangan dan kenyamanan masyarakat banyak, maka resiko bisa melanda masyarakat dan karenanya sangat berbahaya. Mengingat bahayanya yang besar, maka Allah sangat membenci pembuat dan penyebar hoaks. Allah berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ يُحِبُّوْنَ اَنْ تَشِيْعَ الْفَاحِشَةُ فِى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌۙ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

’’Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar perbuatan yang sangat keji itu (berita bohong) tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, mereka mendapat azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.’’ (QS An-Nur: 19)

Semoga kita bisa terhindar bahaya berita hoaks dan berusaha kuat untuk membentengi dan tidak menyebarkan hoaks. Amin.

بَارَكَ اللَّهُ لِىْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَاِيَّاكُمْ تِلاَ وَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ.

Khutbah II

الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ ثُمَّ الْحَمْدُ لِلّٰهِ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ  وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى ألِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَه يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يٰأَ يُّها الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.  اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى ألِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ .

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْياءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلَاءَ وَاْلوَبَاءَ والقُرُوْنَ وَالزَّلَازِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا إِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عامَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ  عٍبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتاءِ ذِي اْلقُرْبى وَيَنْهى عَنِ اْلفَحْشاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *