5 Makanan Penghancur Batu Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Makanan Penghancur Batu Ginjal
Kemangi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Batu ginjal bisa menjadi masalah yang menyakitkan dan mengganggu bagi banyak orang. Namun, jenis makanan tertentu bisa membantu mengatasi atau bahkan mencegah masalah ini. Artikel kali ini akan membahas tentang makanan Penghancur batu ginjal yang dapat membantu batu ginjal keluar melalui urin, mencegah pembentukan batu ginjal, dan meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Apa Itu Batu Ginjal?

Sebelum membahas makanan apa saja yang bisa menghancurkan batu ginjal, mari kita pahami dulu apa itu batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika mineral, garam, dan zat lain mengendap hingga mengeras, mirip dengan batu ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa tidak nyaman biasanya keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun jika batu ginjal berukuran besar dan menimbulkan rasa tidak nyaman, pengobatan akan diperlukan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pilihan Makanan Penghancur Batu Ginjal

Makanan pemecah batu ginjal mengandung asam sitrat, vitamin D, kalsium, dan nutrisi lain yang membantu memecah dan menghilangkan batu ginjal. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu menghilangkan batu ginjal.

  1. Buah Sitrus

Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, dan lemon, mengandung asam sitrat yang dapat membantu memecah batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Asam sitrat juga dapat mengikat kalsium di dalam urine, mencegah pembentukan batu ginjal baru. Kamu dapat mengonsumsi buah sitrus ini langsung atau mengolahnya menjadi infused water untuk variasi.

  1. Buah Nanas

Buah nanas adalah pilihan baik untuk kesehatan ginjal. Tingginya kandungan air dan ekstrak etanol dalam buah nanas dapat membantu memecahkan dan melarutkan batu ginjal. Buah ini juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal. Kamu dapat menambahkan buah nanas ke dalam sereal atau masakan seperti tumis cumi nanas atau udang sambal nanas.

  1. Kemangi

Kemangi mengandung banyak nutrisi yang berperan sebagai antioksidan dan anti peradangan. Nutrisi ini dapat membantu memecahkan dan mengeluarkan batu ginjal. Selain itu, senyawa flavonoid dalam kemangi juga dapat mengurangi kadar asam urat, mencegah pembentukan batu ginjal. Kamu dapat mengolah kemangi menjadi jus segar, smoothie, atau teh.

  1. Seledri
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *