Cerita Ustadz Abdul Somad tentang sejarah Pulau Rempang: Yang Ada Jabatan, Tolonglah dengan Kuasa

Cerita Ustadz Abdul Somad tentang sejarah Pulau Rempang:
Cerita Ustadz Abdul Somad tentang sejarah Pulau Rempang:
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idUstadz Abdul Somad tiba-tiba mempublikasikan informasi tentang sejarah masyarakat Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

Pesan tersebut mengungkapkan bahwa masyarakat Pulau Rempang adalah keturunan prajurit.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada Minggu (9/10/2023), akun Instagram @ustadzabdulsomad_official memposting foto Ustadz Abdul Somad mengenakan pakaian adat Melayu.

Yang dimaksud bukanlah pakaian yang disebutkan dalam laporan tersebut, melainkan artikel berjudul “MASYARAKAT REMPANG” “Keturunan Prajurit yang Terbilang”.

Pada artikel ini, artikel tersebut ditulis oleh seorang profesor. PProf. Dr. Dato’ Abdul Malik, M.Pd. Belum jelas siapa sosok tersebut

Berikut postingan Ustadz Abdul Somad:

*MASYARAKAT REMPANG*
*Keturunan Perajurit Terbilang*

Oleh :
*Prof. Dr. Dato’ Abdul Malik, M.Pd.* *)

*SEBETULNYA,* penduduk asli Rempang-Galang dan Bulang adalah keturunan para prajurit Kesultanan Riau-Lingga yang sudah eksis sejak 1720 masa pemerintahan Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah I.

Pada Perang Riau I (1782-1784) mereka menjadi prajurit Raja Haji Fisabilillah. Dan, dalam Perang Riau II (1784–1787) mereka prajurit Sultan Mahmud Riayat Syah.

Ketika Sultan Mahmud Riayat Syah berhijrah ke Daik-Lingga pada 1787, Rempang-Galang dan Bulang dijadikan basis pertahanan terbesar Kesultanan Riau-Lingga. Pemimpinnya Engku Muda Muhammad dan Panglima Raman yang ditunjuk oleh Sultan Mahmud.

Kala itu pasukan Belanda dan Inggris tak berani memasuki wilayah Kesultanan Riau-Lingga. Anak-cucu merekalah sekarang yang mendiami Rempang-Galang secara turun-temurun.

Pada Perang Riau itu nenek-moyang mereka disebut Pasukan Pertikaman Kesultanan. Nukilan itu ada ditulis di dalam Tuhfat al-Nafis karya Raja Ali Haji. Semoga mereka senantiasa dilindungi Allah SWT.***

*) _Tokoh Masyarakat Melayu Serantau.

Yang ada jabatan, tolong dengan kuasa.
Yang sanggup berteriak, tolong dengan suara.

Awal Mula Ricuh di Pulau Rempang

Sebagaimana diketahui saat ini masyarakat Pulau Rempang sedang bentrok dengan aparat terkait pengembangan kawasan tersebut.

Bahkan baru-baru ini Menteri Koordinasi bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara persoalan tanah di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau.

Kawasan di Pulau Rempang yang baru-baru ini terjadi kericuhan tersebut diketahui akan dikembangkan menjadi Rampang Eco City yang PT Makmur Elok Graha (MEG), anak perusahaan Arta Graha milik Tomy Winata.

Ya, diketahui kericuhan tak terhindarkan di Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (7/9/2023).

Ricuh tersebut terjadi akibat warga menolak terkait pemasangan patok di Pulau Rempang.

“Tapi masalah hukumnya juga supaya diingat, banyak orang yang tidak tahu bahwa tanah Rempang itu sudah diberikan haknya, oleh negara kepada sebuah perusahaan, entitas perusahaan untuk digunakan dalam hak guna usaha,” kata Mahfud MD ditemui di Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *