Jokowi Buka Munas Alim Ulama & Konbes NU: Kekuatan Besar NU Perlu Dikonsolidasikan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) 2023 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Pesantren Al-Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Senin (18/9/2023).

Peresmian pembukaan Munas Konbes NU 2023 turut dihadiri Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Yahya ini menjelaskan Munas Konbes NU 2023 ini akan melibatkan 1500 orang alim ulama dari seluruh Indonesia. Para alim ulama ini akan bermusyawarah secara bersama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Munas Konbes NU berlangsung selama 3 hari dimulai pada Senin, 18 September 2023 hingga Rabu, 20 September 2023.

“Munas Konbes NU ini menjadi forum permusyawaratan tertinggi kedua di NU setelah Muktamar Nahdatul Ulama. Dari musyawarah ini nantinya diharapkan akan melahirkan keputusan-keputusan yang berupa langkah-langkah konsolidasi terhadap berbagai macam agenda dan panduan yang disampaikan ulama NU kepada warga NU, kepada masyarakat pada umumnya,” ujar Gus Yahya.

Pada Munas Konbes NU tahun ini mengusung tema “Mendampingi Umat, Memenangi Masa Dean.”

Gus Yahya menjelaskan, tema ini dipilih karena memang merupakan simpulan dari amanat Muktamar NU ke-34.

Dalam kesempatan ini juga, Gus Yahya menerangkan tentang ikon agenda dalam mendampingi umat ini yakni Gerakan Keluarga Maslahat NU (GKMNU). Adapun dewan pengampu GKMNU adalah tokoh berpengaruh seperti Presiden Jokowi, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Ma’ruf Amin, Sinta Nuriyah Wahid dan KH. Miftachul Akhyar.

“Tokoh ini bersedia mendampingi dan mengampu kegiatan keluarga maslahat NU ini,” ujar Gus Yahya.

Gus Yahya menjelaskan, dewan pengampu ini yang nanti akan mengawasi, meminta laporan, meminta evaluasi, memberi saran dan membantu menghubungkan PBNU dan seluruh gerakan keluarga maslahat NU dengan berbagai pihak yang bekerja sama untuk pelaksanaannya.

 

Presiden Jokowi Membuka Munas Konbes NU 2023

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didapuk untuk membuka dan meresmikan Munas dan Konbes NU 2023. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memuji betapa luar biasanya peran NU terhadap persatuan Indonesia.

“Kekuatan NU ini sangat luar biasa. Jumlah anggotanya sangat besar dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan di mancanegara. Kekuatan besar ini perlu di konsolidasi dengan baik. Bukan hanya di bidang keagamaan, bidang sosial, tetapi juga di dunia teknologi, kewirausahaan,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi yang mengenakan sarung berwarna hijau dengan paduan setelan jas formal berwarna gelap ini mengungkap bahwa pemerintah menyambut baik NU yang membentuk GKMNU.

“GKMNU yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas keluarga Nahdiyin di level akar rumput,” lanjut Jokowi.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Saya buka Munas Kombes NU 2023,” tegas Jokowi.

Upacara pembukaan ini dilakukan secara simbolis sambil menabuh Rebana Biang, alat musik khas Betawi.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *