Hikmah Malam: Doa Pagi dan Petang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ada zikir dan doa yang layak untuk kita bacakan setiap hari, dalam kondisi apapun. Salah satunya adalah doa meminta sehat dan ‘afiat kepada Allah Ta’ala atas diri dan indra kita.

Dengan ‘afiat inilah kita tidak sekadar meminta kesehatan secara fisik, tetapi juga sehat secara batin. Sehingga, kesehatan kita membawa kepada taat dan terjaga dari maksiat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seperti apa redaksinya? Kita simak dulu hadits berikut:

Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah ra. bahwasanya dia berkata, “Wahai ayahku, sesungguhnya aku mendengar engkau berdoa setiap pagi:

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

_’Allaahumma ‘aafinii fii badanii. Allaahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allaahumma ‘aafinii fi basharii. Laa ilaaha illaa anta’._

(Ya Allah, berikanlah afiat pada badanku. Ya Allah, berikanlah afiat pada pendengaranku. Ya Allah, berikanlah afiat pada penglihatan ku. Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau).

Abdurrahman berkata pada ayahnya, “Engkau mengulanginya tiga kali ketika pagi dan tiga kali ketika petang.”

Abu Bakrah lalu menjawab, “Ya wahai anakku, sesungguhnya aku mendengar Nabi shallallâhu alaihi wa sallam berdoa dengan bacaan ini, maka aku senang jika menjalankan sunnah tersebut.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Team Tasdiqul Quran

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *