Orde Perubahan, Menyambut Indonesia Berkah

Menyambut Indonesia Berkah
Abdullah Hehamahua
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tanaman rami banyak manfaatnya. Bijinya dapat mengobati kolestrol, mengurangi resiko kanker, menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah serta kaya omega 3. Daunnya pun mengandung vitamin A, C, E, dan kalsium.

Kulit batang rami dapat diolah menjadi serat. Tanaman rami yang berusia 60 – 90 hari, sudah bisa dipanen.  Caranya, pohon rami dipotong dari pangkalnya. Namun, dibiarkan sekitar lima sentimeter di atas permukaan tanah. Dengan demikian, ia akan tumbuh kembali. Dua sampai tiga bulan, dipanen lagi. Hal tersebut berulang selama lima tahun. Petani, setelah lima tahun, menanam bibit baru. Begitulah seterusnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kulit batang rami tersebut direndam beberapa hari. Jadilah ia serupa benang. Serat-serat tersebut dikeringkan kemudian diproses selanjutnya di pabrik.

Serat rami dapat dipergunakan sebagai bahan tekstil yang berkualitas. Sebab, serat rami dapat menghasilkan 72 – 97% selulosa. Ia merupakan bahan baku bagi pembuatan benang, kertas, dan sebagai serat penguat dalam industri komposit. Limbahnya dapat digunakan sebagai kompos bagi tanaman. Batang rami dapat dipula digunakan sebagai bahan pembuatan kertas uang.

Pucuk atau daun rami memiliki gizi yang tinggi. Olehnya, ia merupakan makanan yang digemari hewan ternak, khususnya kambing, domba, sapi, dan kerbau. Ibu-ibu bisa mengolahnya untuk dikonsumsi  dengan cara ditumis atau dibuat sup

  1. Industri Sandang

Rakyat Indonesia, lazimnya setahun sekali mengenakan baju baru. Mereka, umat Islam, penganut Nasrani, dan Hindu mengenakan pakaian baru sewaktu merayakan hari besar agamanya: Idul Fitri, Natal, dan Devawali.

Jika setiap orang perlu tiga meter bahan kain, maka diperlukan 750 juta meter bahan pakaian dalam setahun. Kementerian terkait, baik secara langsung maupun melalui BUMN, BUMD, dan Koperasi merencanakan perkebunan tanaman rami ini.

Presiden 2024, melalui Perppu atau Inpres, mewajibkan setiap provinsi menyediakan lahan khusus untuk perkebunan rami. Jumlah areal lahan disesuaikan kebutuhan sandang yang diperlukan, berdasarkan jumlah penduduk di provinsi terkait.

Perppu atau Inpres terkait mewajibkan setiap provinsi menyiapkan pabrik yang menampung hasil perkebunan rami. Pabrik ini bertugas mengolah tanaman rami, menjadi bebera produk. Ia bisa berupa bahan pakaian, kertas, pupuk, herba, maupun makanan. Seluruh produk tersebut didistribusi ke Koperasi Desa. Koperasi Desa inilah yang bertugas melayani warga desa yang memerlukan, khususnya bahan pakaian dengan harga yang terjangkau.

  1. Koperasi Sandang

Presiden 2024 melalui Perppu atau Inpres mewajibkan setiap desa mendirikan Koperasi Sandang. Koperasi ini bertugas menampung serat rami dari masyarakat desa yang bukan hasil perkebunan. Sebab, penduduk desa dapat membudi-dayakan tanaman rami di pekarangan rumah mereka. Tanaman pagar dan lahan kosong di pekarangan rumah, diganti atau ditanami rami.

Hasil tanaman rami berupa serat benang diserahkan ke Koperasi Desa dengan harga yang proporsional. Dengan demikian, penduduk desa dapat memeroleh tambahan penghasilan dengan pemanfaatan pagar rumah atau lahan kosong di halaman rumahnya.

Koperasi Sandang Desa, selain mendistribusikan produk pabrik sandang, ia juga menampung sekaligus mengirim serat rami penduduk desa ke pabrik untuk diproses selanjutnya. Presiden 2024 dengan demikian telah melaksanakan 2/6 dari sila kelima Pancasila, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Semoga !!! (Depok, 23 September 2023).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *