Ngeri Banget! Ini Gambaran Siksaan Bagi yang Suka Melalaikan Salat

Siksaan Bagi yang Suka Melalaikan Salat
Ilustrasi: Sedang Salat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Dalam Islam, salat merupakan salah satu rukun agama yang terpenting dan mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi umat Islam. Barangsiapa yang melalaikan salat, bukanlah dosa kecil melainkan dosa besar dan akan mendapat siksa neraka yang sangat mengerikan.

Banyak ayat Al-Quran dan hadits Nabi (sallallahu alayhi wa sallam) yang memuat peringatan keras tentang pentingnya menjaga kewajiban salat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Al-Hasan Al-Bashri meriwayatkan bahwa Nabi (sallallahu alayhi wassalam) bersabda: “Mula-mula yang akan dihitung di akhirat adalah salat. Jika salatnya sempurna, maka semua amal lainnya akan mudah dihitung.

Namun, jika terdapat kekurangan dalam salatnya, Allah akan berfirman kepada malaikat-Nya, ‘Apakah hamba-Ku ini melaksanakan salat sunnah?’ Jika iya, maka sempurnakanlah salat fardhu dengan salat sunnah. Jika sudah sempurna, maka amal-amal yang lain akan dihitung.”

Gambaran Siksaan yang Meninggalkan Salat

Imam Abu Laits As Samarqandi dalam kitabnya, “Tanbihul Ghafilin,” menyebutkan bahwa mereka yang melaksanakan salat lima waktu secara berjama’ah akan mendapatkan lima berkah dari Allah. Di antaranya adalah dihindarkan dari kesulitan hidup, dihindarkan dari siksa kubur, catatan amalnya akan dicatat dari sebelah kanan, ia akan melewati titian (shirath) dengan kilat, dan akan masuk surga tanpa hisab.

Namun, bagi mereka yang meremehkan kewajiban salat, Allah memberikan peringatan serius. Mereka akan menghadapi beragam siksaan, termasuk siksaan di dunia, sakaratul maut, kubur, dan pada hari kiamat.

Siksaan di dunia meliputi hilangnya berkah dalam rezeki, amal-amal kebaikan yang tidak diterima, dan perubahan negatif dalam penampilan mereka di mata orang lain.

Siksaan di saat sakaratul maut akan meliputi penderitaan akibat dahaga, kelaparan, dan kesakitan yang hebat. Di dalam kubur, mereka akan menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir, kegelapan, dan kekangan. Pada hari kiamat, mereka akan menghadapi kesulitan dalam hisab, murka Tuhan, dan siksaan Allah di dalam neraka.

Sungguh siksaan yang sangat mengerikan. Semoga hal ini jadi pengingat kita akan pentingnya menjaga salat.

Wallahu A’lam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *