9 Prinsip Hidup Gus Dur yang Patut Ditiru Generasi Muda

Prinsip Hidup Gus Dur
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Prinsip hidup Gus Dur alias KH Abdurrahman Wahid patut diingat. Sebagai tokoh agama yang pernah menjabat Presiden Indonesia, sosok Gus Dur tentu menginspirasi banyak orang.

Sepanjang hidupnya, Gus Dur dikenal sebagai pemimpin yang rendah hati dan selalu berpihak pada pihak yang lemah. Gus Dur disebut melakukan hal tersebut karena merupakan sosok yang memanusiakan manusia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sehingga meski telah meninggal dunia, prinsip hidup Gus dur tetap diteladani oleh generasi mendatang.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/9/2023) Anita Hayatunnufus selaku putri ketiga Gus Dur membeberkan beberapa prinsip hidup sang ayah, yakni:

1. Ketauhidan

Tauhid menjadi sumber keimanan kepada Allah SWT sebagai yang maha ada, maha pengasih, dan maha penyayang. Prinsip tersebut tak hanya dilafalkan, namun juga dilaksanakan dalam bentuk perjuangan sosial, politik, ekonomi, kebudayaan untuk menegakkan nilai kemanusiaan.

2. Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan bersumber dari pandangan ketauhidan yang menganggap manusia adalah makhluk titipan Allah SWT yang paling mulia untuk mengelola dan memakmurkan bumi.

3. Keadilan

Selanjutnya adalah prinsip keadilan yang bersumber dari pandangan martabat kemanusiaan yang bisa dipenuhi dengan keseimbangan, kelayakan, dan kepantasan dalam kehidupan masyarakat.

4. Kesetaraan

Pandangan Gus Dur mengenai kesetaraan bersumber dari martabat manusia yang sama di hadapan Tuhan. Dengan memiliki prinsip hidup tersebut dapat memunculkan perlakuan yang adil, sederajat, dan meniadakan diskriminasi di tengah masyarakat.

5. Pembebasan

Selanjutnya adalah prinsip hidup pembebasan yang dilandasi dari pandangan bahwa setiap manusia berhak untuk menegakkan kesetaraan dan keadilan, serta melepaskan diri dari berbagai bentuk belenggu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *