Mau Dapat Cahaya hingga Jumat Depan? Ustadz Abdul Somad: Baca Surah Ini Sejak Malam Jumat

Mau Dapat Cahaya hingga Jumat Depan?
Ustadz Abdul Somad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ustadz Abdul Somad (UAS) mengingatkan kita bahwa sangat dianjurkan membaca satu surah dimulai pada Jumat malam.

Ustadz Abdul Somad mengingatkan kita akan pentingnya membaca surah ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ustadz Abdul Somad mengatakan siapa pun yang membaca surah ini akan mendapat cahaya pada Jumat depan.

Lantas surah apakah yang dianjurkan dibaca mulai malam jumat?

“Barangsiapa yang membaca Surah Al Kahfi, hari jumat, pagi jumat, petang jumat,malam jumat, siang jumat, Allah akan berikan cahaya mulai jumat ini hingga jumat mendatang,” ujar Ustadz Abdul Somad sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official pada Kamis (28/8/2023).

Dengan cahaya itulah, Ustadz Abdul Somad mengatakan kita dapat membedakan mana yang baik dan buruk sampai dengan jumat mendatang.

Allah berikan dia cahaya, mulai jumat ini hingga mulai jumat depan, terang maka dengan cahaya itu dia bisa membedakan yang haq dan batil, mana betul mana salah, mana bengkok mana lurus, mana hitam mana putih,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Kemudian Ustadz Abdul Somad mengatakan lebih utama lagi jika hafal 10 ayat Surah Al Kahfi.

“Hafal 10 ayat pangkal Surah Al Kahfi, kedua baca surah Al Kahfi malam jumat,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Firman Allah dalam Al-Qur’an yang terdiri atas 110 ayat dan termasuk golongan dari surah-surah Makkiyyah ini sangat yang dianjurkan untuk dibaca pada malam jumat dan siangnya.

Bahkan, Imam Syafi’i berkata,

“Telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’.

Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat Al Kahfi maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surahal-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini” (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207).

Maka dari itu, membaca Surah Al Kahfi di setiap hari jumat memiliki banyak keutamaan bagi setiap muslim yang rutin mengamalkannya.

Jika tidak dapat membaca 110 ayat, dianjurkan hafalkan 10 ayat pertama dari Surah Al Kahfi ini. Hal ini karena dapat melindungi kita dari fitnah Dajjal.

Dalil yang Berisi Perintah Baca Surah Kahfi di Hari Jumat

Al Kahfi merupakan surah ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat.

Surah ini merupakan golongan Makkiyah atau yang diturunkan pada periode Makkah.

Surah ini merupakan bagian penengah antara juz 15-16. Hal ini karena ayat-ayatnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16.

Berikut beberapa dalil yang menjelaskan tentang perintah dibacanya Al Kahfi setiap hari jumat.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR Tirmidzi) .

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, ia akan diterangi dengan cahaya di antara ia dengan Ka’bah.” (HR. Ad-Darimi dalam Sunan-nya no. 3450, disahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib no. 736.)

Itulah penjelasan mengenai keutamaan Surah Al Kahfi.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Disarankan agar bertanya langsung kepada ulama, pendakwah atau Ahli Agama Islam agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam.

Wallahua’lam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *