Tafsir Surat Al Isra Ayat 1 : Masjidil Aqsa dan Tanah yang Penuh Berkah

Masjidil Aqsa
Masjidil Aqsa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Baitul Maqdis artinya tanah suci yang sangat berkah, tidak hanya tanahnya yang subur dan menghasilkan buah-buahan, namun Baitul Maqdis juga menjadi saksi perjalanan Mi’raj Rasulullah menuju sidratul muntaha, yakni dari Masjidil Aqsa ke langit Ketujuh. Masjidil Aqsa yang terletak di Kota Tua Yerusalem, Palestina, merupakan situs tersuci ketiga bagi umat Islam.

Baitul Maqdis juga merupakan tempat turunnya Nabi dan wahyu, serta tempat ibadah pertama umat Islam. Baitul al-Maqdis juga merupakan tanah yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang taat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keberkahan tanah Baitul Maqdis ini disebutkan Allah dalam surat Al-Isra ayat 1, yang berbunyi:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Dalam Tafsir Kementerian Agama RI

Dalam Tafsir Kementerian Agama RI, Allah menyebutkan bahwa Masjidil Aqsa yang berada di Palestina, yang telah diberkahi sekelilingnya, dengan tanahnya yang subur yang menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, sehingga menjadi daerah yang makmur. Di samping itu, masjid tersebut termasuk di antara masjid yang menjadi tempat peribadatan para nabi dan tempat tinggal mereka.

Sesudah itu, Allah menyebutkan alasan mengapa Nabi Muhammad saw diperjalankan pada malam hari, yaitu untuk memperlihatkan kepada Nabi tanda-tanda kebesaran-Nya.

Tanda-tanda itu disaksikan oleh Muhammad saw dalam perjalanannya dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa, berupa pengalaman-pengalaman yang berharga, ketabahan hati dalam menghadapi berbagai macam cobaan, dan betapa luasnya jagat raya serta alangkah Agungnya Allah Maha Pencipta.

Pengalaman-pengalaman baru yang disaksikan Nabi Muhammad sangat berguna untuk memantapkan hati beliau menghadapi berbagai macam rintangan dari kaumnya, dan meyakini kebenaran wahyu Allah, baik yang telah diterima maupun yang akan diterimanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *