Hikmah Pagi: Tetap Semangat dalam Kebaikan Meskipun Dicela

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Terkadang kita sudah melakukan hal yang terbaik dengan niat yang kita ikhlaskan. Baik dalam membela agama atau melakukan kebaikan sesama manusia. Akan tetapi kita dicela oleh sebagian manusia. Bisa jadi kita langsung “drop” dan kecewa.
.
Jangan langsung gundah gulana, segera bangkit. Celaan mereka tidak akan berpengaruh terhadap penilaian Allah terhadap kita karena kita mencari ridha Allah. Biarkan mereka berbicara di belakang, kita terus melangkah dan mereka semakin jauh tertinggal di belakang
.
Manusia tidak akan lepas dari celaan, bahkan Allah Ta’ala Rabb pencipta kita, dicela juga oleh manusia -na’udzu billah -. Sebagaimana celaan orang Yahudi terhadap Allah, mereka mengatakan tangan Allah terbelenggu.
.
“Orang-orang Yahudi berkata: “Tangan Allah terbelenggu”, sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dila’nat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu.” (QS. Al Maidah: 24).
.
Bahkan manusia paling mulia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dicela oleh manusia dengan julukan yang sangat jelek, yaitu gila, tukang sihir dan tukang dusta
.
ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُﻭﻥَ ﻫَٰﺬَﺍ ﺳَﺎﺣِﺮٌ ﻛَﺬَّﺍﺏٌ
.
“Orang-orang kafir berkata: “Ini adalah seorang ahli sihir yang banyak berdusta”. (Shad/38:4)
.
Bahkan orang beriman dan melakukan banyak kebaikan akan menjadi bahan olok-olok dan bahan tertawaan bagi orang keras hatinya. Tentu ini tidak benar, merekalah yang akan ditertawakan suatu saat.
.
Allah berfirman,
.
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa adalah mereka yang dahulunya (di dunia) menertawakan orang-orang yang beriman.”[al-Muthaffifin/83:29]
.
Saudaraku, celaan itu pasti ada, kita cuek saja dan terus melangkah. Tidak ada yang selamat dari celaan.
.
Ibnu Hazm berkata,
.
“Barang siapa yang menyangka ia bisa selamat dari celaan manusia dan cercaan mereka maka ia adalah orang gila.” (Al-Akhlaaq wa As-Siyar fi mudawaatin nufuus hal 17)

Demikian semoga bermanfaat

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

@Madinah, Kota Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Penyusun: Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *