Kultum 237: Memahami Terminologi Fundamentalis dan Teroris

Terminologi Fundamentalis dan Teroris
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Julukan atau label fundamentalis dan teroris (dengan rasa negatif) sering ditujukan kepada kaum Muslim baik secara langsung maupun tidak langsung, baik dalam diskusi mengenai agama atau hubungan internasional. Stereotip Muslim diframing sedemikian rupa dalam berbagai media disertai dengan informasi yang keliru mengenai Islam dan kaum Muslim. Informasi yang salah tersebut bahkan tak jarang diselipi propaganda palsu yang sering menyebabkan diskriminasi dan tindak kekerasan terhadap Muslim.

Contoh yang nyata adalah kampanye anti-Muslim di media Amerika setelah ledakan bom Oklahoma, di mana pers dengan cepat untuk mendeklarasikan ‘konspirasi Timur Tengah’ di balik serangan itu. Padahal belakangan diketahui bahwa pelakunya diidentifikasi sebagai seorang prajurit dari Angkatan Bersenjata Amerika.

Fundamentalis adalah seseorang yang mengikuti dan bertahan pada suatu doktrin yang mendasar atau teori yang dia yakini. Untuk seseorang yang ingin menjadi seorang dokter yang baik, dia harus memahami, mengikuti, dan menjalankan dasar-dasar kedokteran/kesehatan. Dengan kata lain, dia harus menjadi seorang fundamentalis di bidang kedokteran/kesehatan.

Jadi, untuk menjadi ahli matematika yang handal seseorang harus memahami, mengikuti, dan menjalankan dasar-dasar matematika. Artinya, dia harus menjadi seorang fundamentalis di bidang matematika. Seseorang yang ingin menjadi pakar yang hebat, dia harus memahami, mengikuti, dan menjalankan dasar-dasar keilmuan/kepakarannya secara baik. Singkatnya, dia harus menjadi seorang fundamentalis di didang keilmuan sesuai dengan kepakarannya.

Namun demikian, kita tidak dapat menyamaratakan seluruh fundamentalis. Tidak ada seorangpun dapat mengkategorikan bahwa seorang fundamentalis itu baik atau buruk. Seperti pengelompokan berbagai macam fundamentalis yang ada, akan tergantung dari bidang atau aktivitas dimana mereka berada. Seorang pencuri yang fundamentalis dapat membahayakan masyarakat dan dapat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaliknya, seorang dokter fundamentalis, akan memberikan keuntungan bagi masyarakat dan mendapat penghargaan yang tinggi.

Seorang muslim fundamentalis (berkat rahmat Allah Subhanahu wata’ala) dapat memahami, mengikuti, dan berusaha keras untuk menjalankan dasar-dasar syariah Islam. Seorang muslim yang benar, seharusnya tidak malu untuk menjadi seorang fundamentalis. Seorang Muslim yang fundamentalis mengerti bahwa fundamentalis Islam akan memberi keuntungan bagi kemanusiaan dan seluruh semesta alam.

Tidak ada seorang pun fundamentalis Islam yang membahayakan umat manusia dan alam seisinya. Banyak orang berfikiran salah terhadap islam dan menganggap beberapa ajaran Islam itu tidak adil atau tidak tepat. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang Islam. Jika analisis kritis tentang ajaran Islam dilakukan dengan pikiran terbuka, mka tidak dapat dipungkiri bahwa Islam memiliki manfaat yang luar biasa baik untuk individu maupun masyarakat umum.

Berdasarkan kamus Webster, fundamentalisme adalah pergerakan dalam Protestan Amerika yang muncul pada awal abad ke 20. Gejala ini adalah reaksi dari modernisasi dan tekanan dari kesempurnaan mutlak Al Kitab/Injil, tidak hanya masalah keimanan dan moral, namun juga otentitas ajarannya. Tekanan ini dimaksud pada kepercayaan bahwa Bible merupakan firman Tuhan, sehingga fundamentalisme adalah pernyataan yang digunakan oleh kelompok Kristen yang mempercayai bahwa Bible merupakan firman Tuhan secara kata per kata tanpa ada kesalahan sedikitpun.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *