Dampak Dzikir dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Dampak Dzikir
Dzikir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Membaca dzikir atau dzikir mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Ditambah manfaatnya adalah efeknya yang luar biasa terhadap jiwa. Apa dampak dari dzikir ini?

Berdzikir atau selalu mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti akan memberikan dampak yang sangat besar bagi jiwa orang yang mengamalkannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dampak dzikir terhadap jiwa manusia:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Dapat menghilangkan rasa sedih dan gundah hati

Dengan berdzikir, secara otomatis kita akan selalu mengingat Allah Subhanahu Ta’ala sehingga Allah akan menghapuskan segala kesedihan dan kegundahan yang ada dalam hati kita.

  1. Mendatangkan perasaan takut dan makin taat kepada Allah SWT

Berdzikir akan mendatangkan perasaan takut terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan membuat diri semakin taat terhadap-Nya, sementara orang yang sangat lalai untuk berdzikir, akan mudah sekali melakukan perbuatan dosa tanpa rasa takut terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Membuat hati menjadi lebih hidup

Sebagaimana diriwayatkan Ibnu Taimiyah yang berbunyi :

Dzikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”

Sehingga ada pepatah mengatakan “ Ikan tanpa air akan mati, dan hati tanpa dzikir akan mati”.

  1. Menjadikan hati semakin kuat

Apabila seseorang melupakan bahkan meninggalkan dzikir maka dapat diibaratkan seperti tubuh yang kehilangan kendali dan kekuatan. Dikisahkan Ibnu Qayyim rahimahullah pernah sesekali melihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah shalat subuh kemudian Beliau duduk berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga matahari terbit.

Kemudian Beliau melihat padanya (Ibnu Qayyim) kemudian berkata, ‘ Ini adalah kebiasaanku dipagi hari. Jika aku tidak dzikir seperti ini, hilanglah kekuatanku.

  1. Bisa menghilangkan kerisauan hati

Semakin banyak seorang hamba melakukan dzikir , maka semakin dekat pula dia dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga hatinya terbebas dari segala macam kerisauan. Karena dia akan selalu ikhlas dengan ketetapan dari Allah.

  1. Dipandang sebagai seorang berwibawa

Seseorang yang rajin berdzikir maka akan dipandang sebagai orang yang berwibawa, serta mudah disenangi dan dicintai oleh orang lain. Karena orang yang rajin berdzikir akan terhindar dari perbuatan yang tercela sehingga mudah untuk bergaul dengan masyarakat luas.

  1. Menjauhkan dari penyakit hati

Menjauhkan dari berbagai macam penyakit hati, seperti iri, dengki, pemarah, suka menggibah dan lain sebagainya. Karena orang yang rajin berdzikir akan selalu mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga hatinya akan bersih dari penyakit.

  1. Membuat jiwa lebih dekat dengan Allah SWT

Orang yang setiap saat senantiasa berdzikir pada Allah, maka jiwanya akan lebih dekat dengan Allah karena Allah menyukai hamba-Nya yang selalu mengingat diri-Nya.

  1. Memelihara lisan dari perkataan yang dapat menyakiti orang lain

Dengan selalu berdzikir, lisannya akan terjaga dari perkataan kotor dan perkataan yang dapat menyebabkan orang lain terluka. Karena yang keluar dari lisannya hanyalah kalimat-kalimat Allah yang menenangkan.

  1. Mendapatkan kemuliaan
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *