Sekjen PBB Mengutuk Terbunuhnya Jurnalis Reuters Issam Abdallah Oleh Israel dan Cederanya Reporter Al Jazeera

Terbunuhnya Jurnalis Reuters Issam Abdullah Oleh Israel
Issam Abdallah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Jurnalis Reuters Issam Abdallah tewas dalam serangan tentara Israel di Lebanon selatan.

Serangan membabi buta yang dilakukan tentara Israel juga melukai banyak jurnalis media internasional.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Israel tampaknya memerangi Hamas secara membabi buta, melakukan serangan tanpa mempedulikan warga sipil, termasuk jurnalis.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pembunuhan seorang jurnalis di Lebanon menunjukkan meningkatnya risiko perang antara Israel dan Hamas.

Al Jazeera mengutip Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang mengatakan bahwa kematian juru kamera Reuters Issam Abdallah dalam penembakan di Lebanon selatan menunjukkan bahwa konflik antara Israel dan Hamas menyebar ke Lebanon.

Tanggapannya muncul setelah Departemen Luar Negeri AS mengatakan para pejabat masih berupaya mengumpulkan informasi mengenai laporan jurnalis yang terbunuh dan terluka di Lebanon.

“Hari ini dan setiap hari, kami berdiri bersama para jurnalis di seluruh dunia yang melakukan pekerjaan penting yang kita semua andalkan setiap hari, terkadang dalam kondisi berbahaya,” kata seorang juru bicara, menurut Reuters.

Jurnalis Terbunuh di Gaza, Israel

Setidaknya 10 jurnalis telah terbunuh di Gaza dan Israel sejak Sabtu, menurut Komite Perlindungan Jurnalis yang berbasis di New York.

Saeed al-Taweel, Mohammed Subh dan Hisham Alnwajha tewas dalam serangan udara Israel pada hari Selasa.

Ibrahim Mohammad Lafi dan Mohammad Jarghoun ditembak saat melaporkan pada hari Sabtu, menurut kelompok kebebasan pers Palestina MADA dan Komite Dukungan Jurnalis.

Mohammad el-Salhi ditembak mati di perbatasan sebelah timur kamp pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

Assaad Shamlakh tewas pada hari Minggu dalam serangan udara Israel di Sheikh Ijlin, Gaza selatan.

Mohamed Fayez Abu Matar, seorang jurnalis foto, tewas dalam serangan udara Israel di Rafah pada hari Rabu.

Ahmed Shehab tewas dalam serangan udara Israel yang menghantam rumahnya di Jabalia pada hari Kamis. Yaniv Zohar, seorang fotografer Israel, terbunuh dalam serangan Hamas di Kibbutz Nahal Oz.

Jurnalis Lebanon Berduka

Lusinan jurnalis dan aktivis hak asasi manusia di Beirut berkumpul untuk berduka atas kematian videografer Reuters Issam Abdallah dan cederanya enam anggota media lainnya dalam serangan militer Israel di sepanjang perbatasan Lebanon.

“Kami segera mencari lebih banyak informasi, bekerja sama dengan pihak berwenang di wilayah tersebut, dan memberikan dukungan kepada keluarga dan kolega Issam,” kata kantor berita Reuters. “Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada mereka yang terkena dampak, dan duka kami tertuju pada keluarga mereka pada saat yang mengerikan ini.”

Al Jazeera mengatakan dua karyawannya, Elie Brakhya dan Carmen Joukhadar, termasuk di antara yang terluka. Setidaknya 11 jurnalis telah terbunuh sejak perang Israel-Hamas dimulai seminggu lalu, kata Komite Perlindungan Jurnalis.

Israel Wartawan di Lebanon selatan

Serangan artileri Israel menghantam sekelompok wartawan dari beberapa media yang jelas-jelas ditandai sebagai pers.

Setidaknya satu jurnalis tewas dan enam lainnya luka-luka dalam penembakan yang dilakukan pasukan Israel di Lebanon selatan, menurut saksi mata dan wartawan di tempat kejadian.

Kantor berita Reuters mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Issam Abdallah, seorang videografer, tewas dalam serangan itu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *