Penyakit Ginjal Kronis (CKD), Cegah Sebelum Cuci Darah atau Transplantasi

Penyakit Ginjal Kronis
Penyakit Ginjal Kronis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ginjal merupakan organ yang menjalankan fungsi penting seperti menyaring dan membuang limbah dari darah serta mengontrol kadar air dalam tubuh. Penyakit ginjal dapat menyebabkan  sejumlah penyakit lain muncul di dalam tubuh.

Penyakit ginjal kronis  (CKD) adalah gangguan fungsi organ dalam jangka panjang. Kondisi ini baru terlihat jika sudah parah dan memerlukan penanganan lebih lanjut. Kami berharap berkat artikel ini, anak-anak dapat mencegah timbulnya penyakit ginjal kronis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa itu CKD?

Menurut National Kidney Foundation, penyakit ginjal kronis (CKD) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Ginjal adalah organ tubuh yang  menyaring dan mengeluarkan produk limbah dari darah. Ketika organ ini rusak, produk limbah menumpuk di dalam darah  sehingga menimbulkan risiko berbagai penyakit  berbahaya.

Secara umum, penyakit ginjal kronis meningkatkan risiko  penyakit jantung, tekanan darah tinggi, anemia (dalam jumlah kecil), kerusakan saraf,  gizi  buruk, dll. Selain itu, penyakit ginjal kronis berkembang secara perlahan dan dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab Penyakit Ginjal Kronis atau CKD

Menurut National Kidney Foundation, Chronic Kidney Disease atau CKD adalah penyakit yang dua pertiga kasusnya disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi. Meski demikian, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Diabetes

Diabetes terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ, antara lain ginjal, jantung, saraf, pembuluh darah, dan mata.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah terhadap dinding pembuluh darah meningkat. Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Selain itu, penyakit ginjal kronis juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Glomerulonefritis

Glomerulonefritis adalah peradangan pada struktur kecil pada ginjal yang berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan limbah. Gangguan ini merupakan jenis penyakit ginjal yang paling umum terjadi.

Penyakit Ginjal Polikistik atau PKD

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *