Kultum 243: Membunuh Anak, Dosa yang Paling Besar

Membunuh Anak
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ayat di atas jelas berisi janji Allah Subahanahu wata’ala tentang rizki setiap makhluk-Nya. Bahkan bagi makhluk yang tidak mampu mengurus rizkinya, Allah-lah yang menegurus rizki itu untuk sampai padanya. Janji Allah ini dipertegas dengan firman-Nya,

وَكَاَيِّنْ مِّنْ دَاۤبَّةٍ لَّا تَحْمِلُ رِزْقَهَاۖ اللّٰهُ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

يَرْزُقُهَا وَاِيَّاكُمْ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya:

Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rizkinya sendiri, Allah-lah yang memberi rizki kepadanya dan kepadamu, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui (QS. Al-Ankabut, ayat 60).

Demikianlah Allah sudah berjanji dan sudah menegaskan, bahwa setiap makhluk ciptaan-Nya telah dijamin rizkinya. Sudah begitu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga mengaskan dengan bersabda, “Wahai sekalian manusia! Bertakwalah kepada Allah dan bersederhanalah dalam mencari nafkah. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan mati hingga sempurna rizkinya, meskipun (rizki itu) bergerak lamban. Maka, bertakwalah kepada Allah dan bersederhanalah dalam mencari nafkah; ambillah yang halal dan tinggalkan yang haram”. Bahkan di dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda bahwa, “Rizki itu akan mengejar manusia seperti maut yang mengejarnya”. Wallahu a’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                                —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *