Merebak Isu Bergabungnya Gibran Hingga Mundurnya Golkar dari KIM Warnai Rapimnas, Ini Kata Airlangga

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Sabtu (21/10/2023), bakal membahas mengenai sosok yang akan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Terdapat sejumlah isu yang menghampiri Partai Golkar jelang Rapimnas, mulai dari kabar bergabungnya Gibran Rakabuming Raka, hingga kabar bakal mundurnya Golkar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Terkait Rapimnas, akan ada pembahasan mengenai siapa sosok yang akan menjadi bakal cawapres dari untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, usai Rapat Pleno yang digelar pada Rabu (18/10/2023) malam.

“Semua akan diputuskan,” kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Sementara Airlangga tak menjawab lugas saat ditanya soal rapimnas sebagai ruang untuk ‘meng-Golkar-kan’ seseorang.

Hal itu merujuk pada isu rencana bergabungnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ke partai berlambang pohon beringin itu.

“Rapimnas hanya membahas keputusan Partai Golkar,” ujarnya.

Ada pun, HUT Partai Golkar akan diketuai oleh Muhidin dan TB Ace Hasanuddin sebagai Steering Commite (SC) dan Dito Ariotedjo sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Lebih jauh, Airlangga menyatakan bahwa dalam Rapimnas Partai Golkar nanti akan ada sejumlah rangkaian acara.

Antara lain pada 20 Oktober 2023 bakal digelar HUT Partai Golkar dan tasyakuran di Taman Makam Pahlawan (TMP).

“Dan tentunya akan ada banyak rangkaian panitia akan melakukan pres rilisnya sendiri sehingga besok hari sehingga detail acaranya nanti akan disampaikan,” tandas Airlangga.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bakal bergabung partai Golkar saat Rapimnas di Markas Golkar di Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan Rapimnas nantinya tidak membahas hal tersebut.

Adapun nantinya Rapimnas hanya membahas keputusan yang telah diketok Golkar.

“Rapimnas hanya membahas keputusan partai Golkar. Ya, terima kasih,” kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga membantah Rapimnas juga membahas kemungkinan Golkar bakal hengkang dari koalisi dan bergabung dengan parpol lain.

“Golkar sudah mendeklarasikan mendukung Pak Prabowo. Baik terimakasih,” pungkasnya.

Adapun, kekinian santer beredar kabar kalau putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming Raka akan bergabung dengan Partai Golkar.

Rencana gabungnya Wali Kota Solo ke partai berlogo pohon beringin itu, digadang akan menjadi jalan untuk Gibran Rakabuming maju sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto.

Langkah Gibran Rakabuming untuk maju di Pilpres juga makin terbuka dengan adanya putusan gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang dilayangkan oleh salah seorang mahasiswa dari Universitas Surakarta.

Dalam putusannya, MK mengabulkan sebagian gugatan terkait dengan batas usia minimal 40 tahun atau berpengalaman/sedang menjabat kepala daerah bisa maju sebagai capres atau cawapres.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono mendengar kabar bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto berasal dari partainya.

Agung mengatakan kalau pun sosok itu bukan murni dari Golkar, maka akan bergabung dengan Golkar lebih dulu sebelum resmi menjadi cawapres Prabowo.

“Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM (Koalisi Indonesia Maju) dari Partai Golkar, kalau pun bukan dari Golkar, akan ‘diGolkarkan’ dulu,” kata Agung dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Agung memberi sinyal jika sosok itu bisa gabung ke Golkar melalui organisasi sayap partai, yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

“Bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya,” ujarnya.

Dia juga membuka suara terkait kabar putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka gabung ke Golkar.

Gibran diisukan akan bergabung Golkar terlebih dahulu baru dideklarasikan menjadi cawapres Prabowo.

“Pada prinsipnya kami welcome, kita akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung,” ucap Agung.Agung mengatakan sebagai partai tengah, Golkar sangat terbuka bagi semua kalangan termasuk anak-anak muda.

Apalagi, kata dia, Golkar memiliki sejarah institusi yang sangat terhormat dan konsisten membanguarya yang progresif.

“Identitas Golkar adalah karya dan kekaryaan untuk masyarakat, sehingga ada kontribusi nyata dari setiap pemerintahan,” tuturnya.

“Dengan posisinya sebagai Wali Kota Solo saat ini, tentunya kehadiran Gibran akan menunjukkan jati diri Golkar sebagai partai yang fokus pada kerja nyata para kadernya sebagai pemimpin bangsa,” sambung Agung.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *