Backlog SAT-SET

Backlog SAT-SET
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Joko Intarto, Anggota Majelis Pendayagunaan Wakaf PP Muhammadiyah, Membidangi kerjasama dan investasi.

Hajinews.co.idBacklog perumahan secara nasional ternyata masih tinggi. Sebanyak 12,6 juta warga Indonesia tercatat belum memiliki rumah. Bisakah wakaf menjadi solusi?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Backlog pada perumahan merupakan kondisi kesenjangan antara total hunian terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan masyarakat, termasuk angka rumah yang tidak laik huni. Lebih sederhana lagi: Jumlah rumah yang dibangun lebih sedikit dibandingkan jumlah kebutuhan.

Penduduk yang belum punya rumah umumnya kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan harga bahan bangunan yang kian mahal saat ini, penghasilan mereka tidak cukup untuk membeli rumah sangat sederhana sekali pun.

Secara umum, pemerintah berkewajiban menyediakan rumah dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah tersebut. Pertanyaannya, bagaimana cara menyediakan rumah dengan harga yang lebih terjangkau? Itulah yang dibahas dalam focus group discussion di Hotel Grand Kemang, Kamis (19/10).

FGD ini menghadirkan berbagai tokoh mewakili ekosistem wakaf, mulai lembaga wakaf, bank syariah hingga anggota legislatif. Melalui FGD, diharapkan bisa menemukan solusi terbaik untuk mempercepat pengurangan backlog perumahan dari pendayagunaan wakaf. Bertindak sebagai pengundang adalah BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat), Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) adalah badan hukum publik di Indonesia yang dibentuk untuk mengelola Tabungan Perumahan Rakyat.

HARGA PROPERTY

Selain material bahan bangunan, harga property juga dipengaruhi dua faktor pembentuk harga:

  • Tanah atau lahan; dan
  • Sumber pembiayaannya.

Semakin murah harga tanahnya, semakin murah pula harga property-nya. Demikian pula sumber biayanya. Makin kecil ketentuan bunga atau marginnya, makin murah pula harga property-nya. Di sinilah wakaf bisa menjadi faktor penurun harga jual perumahan untuk kelompok masyarakat berpendapatan rendah.

Dari sudut pandang wakaf, ada dua jenis lahan untuk lokasi Pembangunan proyek property:

  • Tanah wakaf; dan
  • Tanah non wakaf.

Begitu pula dari sisi sumber pembiayaannya:

  • Pembiayaan berbasis wakaf; dan
  • Pembiayaan berbasis non wakaf.

Lahan dan sumber pembiayaan berkorelasi langsung dengan wakaf. Sebab, menjadi pilihan utama para wakif dalam berwakaf. Dengan memanfaatkan instrument pembiayaan berbasis wakaf, harga property dipastikan akan turun, karena nilai manfaat wakaf tidak perlu dikembalikan kepada wakif.

Dalam simulasi, harga property rumah sederhana (meliputi tanah dan bangunannya) diasumsikan Rp162.000.000 per unit. Bila tanah yang digunakan adalah tanah wakaf, biaya pembangunan property tersebut akan turun secara otomatis. Begitu pula kalau Sebagian biaya bangunan property berasal dari wakaf.

CWLS dan CWLD bisa menjadi pilihan wakif untuk membiayai pengembangan proyek property tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *