Prabowo, AHY, sampai Bahlil Merapat ke Rumah Dinas Zulhas Jumat Malam

Situasi di Rumdin Zulhaz (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto bersama sejumlah petinggi partai koalisi bertandang ke Rumah Dinas (Rumdin) Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023) malam.

Pertemuan para elite KIM tersebut berlangsung di tengah isu teka-teki penentuan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) pendamping Prabowo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilaporkan, Prabowo tiba sekitar pukul 19.55 WIB menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat nomor (nopol) B 108 PSD. Berikutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pukul 20.42 WIB. Kedatangan AHY disambut Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno.

Selanjutnya giliran Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tiba di Rumdin Zulhas pada pukul 21.04 WIB. Tak lama berselang, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani juga merapat.

Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi terkait pertemuan tersebut.

 

Pertemuan Tunggu Zulhas dari Luar Negeri

Sebelumnya, para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan berencana berkumpul di kediaman Capres Prabowo Subianto di Jl Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Jumat (20/10/2023) malam ini.

Agenda pertemuan itu menyusul kepulangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dari luar negeri pada hari ini. Diperkirakan pertemuan kali ini turut membahas siapa sosok cawapres yang akan disandingkan dengan Prabowo.

Sebab dari semua kandidat pasangan capres-cawapres, hanya Prabowo Subianto yang belum mengumumkan secara resmi siapa sosok pendampingnya di Pilpres 2024.

 

Prabowo Kirim Surat ke Jokowi

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengirimkan dua surat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menjelang pendaftaran calon presiden (capres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Surat pertama yang disampaikan Prabowo Subianto yakni, permohonan persetujuan untuk dicalonkan sebagai capres.

“Sekretariat Negara telah menerima dua surat dari Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto, kepada Bapak Presiden,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

“Surat pertama adalah surat permohonan persetujuan dari Bapak Presiden untuk dicalonkan oleh partai politik dan gabungan partai politik sebagai capres,” sambungnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengirimkan surat izin cuti untuk mendaftar sebagai capres ke KPU. Hanya saja, Prabowo belum mengusulkan tanggal dirinya akan mendaftar ke KPU.

“Surat kedua adalah surat permohonan izin cuti untuk pendaftaran Capres tapi waktunya akan disusulkan,” ujarnya.

 

Prabowo Izinkan Prabowo Nyapres dan Cuti

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang meminta persetujuan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2024.

Jokowi juga mengizinkan Prabowo Subianto cuti sebagai menteri untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Terhadap dua permohonan dari Menhan terkait persetujuan dari Presiden dicalonkan sebagai capres dan izin cuti untuk mendaftar di KPU, Presiden melalui surat Mensesneg tertanggal 20 Oktober 2023 telah menyetujuinya,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat, (20/10/2023).

Ari mengatakan Prabowo belum menyebutkan tanggal izin cuti untuk mendaftar ke KPU. Namun, Jokowi telah memberikan izin apabila sewaktu-waktu Prabowo ingin cuti untuk mendaftarkan diri sebagai capres.

“Untuk izin cuti memang tidak secara spesifik disebutkan tanggalnya. Namun prinsipnya izin cuti telah disetujui dan khusus disebutkan. Izin cuti yang diberikan adalah untuk memdaftarkan diri ke KPU, seperti yang disebutkan dalam surat permohonannya,” kata Ari.

 

Prabowo Akan Daftar ke KPU Pekan Depan

Sebelumnya, Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto memastikan akan mendaftar Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pekan depan.

Prabowo mengatakan dirinya masih menunggu hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar yang akan digelar Sabtu, 21 Oktober 2023.

“Saya kira minggu depan sudah kita pendaftaran ya. Minggu depan. Bukan hari Minggu, minggu depan,” kata Prabowo di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023).

“Ya kita lihat perkembangan. Besok ada rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan,” sambungnya.

Hingga kini, Prabowo menjadi satu-satunya bacapres yang belum mengumumkan cawapres pendampingnya dan mendaftar ke KPU. Saat disinggung nama Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapresnya, Prabowo hanya terdiam.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *