7 Tanda Anda Mengalami Masalah Ginjal 

Tanda Masalah Ginjal 
Tanda Masalah Ginjal 
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idGinjal merupakan organ yang berperan penting dalam tubuh dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain jika fungsinya tidak baik.

Menurut NHS, penyakit ginjal dini biasanya tidak menimbulkan gejala  dan seringkali hanya didiagnosis melalui tes darah atau urin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, sejumlah gejala dapat terjadi jika penyakit ginjal tidak terdeteksi sejak dini atau jika penyakit ginjal memburuk meskipun sudah diobati. Apa tanda pertama Anda mengalami masalah ginjal? Berikut beberapa tanda yang harus diwaspadai.

  1. Selalu Merasa Lelah

Dilansir dari WebMD, ginjal menyaring limbah dari darah dan mengirimkannya melalui urine. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun bisa menumpuk. Salah satu gejalanya adalah kelelahan. Tubuh merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi.

Ginjal membuat hormon yang memberitahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika jumlah oksigen lebih sedikit, darah tidak dapat mengantarkan oksigen ke otot sebanyak yang dibutuhkan.

  1. Kualitas Tidur yang Buruk

Tidur dan penyakit ginjal kronis saling berkaitan. Apnea tidur dapat melukai ginjal karena mencegah tubuh mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan sleep apnea karena tenggorokan menyempit, penumpukan racun, dan cara lainnya.

  1. Kulit Kering dan Gatal

Saat ginjal tidak dapat mengeluarkan racun dan menumpuk di dalam darah, menyebabkan ruam atau membuat seluruh tubuh gatal. Seiring waktu, ginjal tidak mampu menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit kering dan gatal.

  1. Wajah dan Kaki Bengkak

Ketika ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di tubuh. Proses ini menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, tungkai, atau wajah bengkak. Protein yang harusnya keluar melalui urine bisa terlihat seperti bengkak di sekitar mata.

  1. Kram otot

Kram di kaki dan tempat lain bisa menjadi tanda buruknya fungsi ginjal. Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lainnya dapat mengganggu kerja otot dan saraf.

  1. Sesak napas

Ketika ginjal mulai bermasalah, organ tidak dapat menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon memberi sinyal pada tubuh untuk membuat sel darah merah. Tanpanya, tubuh bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan sehingga kesulitan mengatur napas. Dalam kasus yang serius, berbaring bisa membuat napas sesak.

  1. Bau Napas

Ketika ginjal tidak dapat menyaring limbah, hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut uremia, yang membuat mulut berbau. Selain itu, racun dalam aliran darah dapat membuat makanan terasa seperti logam atau tidak enak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *