Mencengangkan! Total Harta Kekayaan Dinasti Politik Jokowi: Banjir Uang Dari Gibran sampai Anwar Usman

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya dilaporkan Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) dan Persatuan Advokat Nusantara ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (23/10/2023). Hal ini terkait tuduhan kolusi dan nepotisme.

Keluarga yang dimaksud yakni Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Hal itu merujuk pada aktivitas terlapor baru-baru ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di mana, Anwar mengabulkan minimal usia capres-cawapres di bawah 40 tahun dengan syarat berpengalaman menjadi kepala daerah. Hal ini memuluskan jalan Gibran sebagai cawapres Prabowo. Lalu, ada Kaesang yang langsung menjabat Ketua Umum.

Semua itu membuat Jokowi dituduh tengah membangun dinasti politik. Tak hanya melalui Gibran, Kaesang, dan Anwar, tetapi juga Bobby Nasution yang kini menjabat Wali Kota Medan. Hal ini pun turut memicu rasa penasaran akan total harta kekayaan kelimanya.

 

Harta Kekayaan Jokowi

Dimulai dari Jokowi yang mempunyai kekayaan sebesar Rp 82,3 miliar pada periode 2022. Aset pertama yang ia miliki adalah tanah dan bangunan senilai Rp 66,4 miliar. Ini tersebar di kota/kabupaten Solo, Sragen, Sukoharjo, serta Karanganyar.

Ada juga 8 kendaraan Jokowi senilai Rp 432 juta. Aset ini terdiri dari Suzuki Pick Up Rp10 juta, dua Isuzu Truck Rp70 juta, Yamaha Vega Rp2 juta, dua Mercedes Benz Rp185 juta, Nissan Grand Livina Minibus Rp65 juta, dan Nissan Juke Minibus Rp 100 juta.

Jokowi juga melaporkan harta bergerak lainnya sebesar Rp 356,95 juta serta kas dan setara kas Rp 15,3 miliar. Orang nomor satu di Indonesia itu pun tidak tercatat memiliki surat berharga maupun utang, sehingga total hartanya mencapai Rp 82,3 miliar.

 

Harta Kekayaan Gibran

Putra sulung Jokowi yang kini menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memiliki harta sebesar Rp 26 miliar. Kekayaan ini terdiri dari aset tanah dan bangunan senilai Rp17,3 miliar yang tersebar di kota/kabupaten Solo hingga Sragen.

Lalu, ada pula kendaraan yang nilainya mencapai Rp332 juta. Aset ini terdiri dari motor Honda Scoopy Rp 7 juta, Honda Cb-125 Rp 5 juta, dan yang paling mahal Royal Enfield Rp 40 juta. Ayah dari Jan Ethes itu juga mempunyai empat buah mobil.

Pertama, ia memiliki dua mobil Toyota Avansa yang totalnya mencapai Rp 150 juta. Tak hanya itu, ada pula Isuzu Panther senilai Rp 70 juta dan Daihatsu Grand Max Rp 60 juta. Gibran juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 260 juta.

Kemudian, kas dan setara kas senilai Rp 3,1 miliar serta harta lainnya Rp 5,5 miliar. Selain itu, Gibran Rakabuming Raka memiliki utang sebesar Rp 551,8 juta. Dengan begitu, kekayaannya untuk periode 2022 sebagai pemimpin Kota Solo mencapai Rp 26 miliar.

 

Harta Kekayaan Kaesang

Mengutip berbagai sumber, Kaesang diperkirakan memiliki harta sebesar Rp 92,2 miliar. Kekayaan ini diperoleh usai ia membeli 8 persen saham PT Panca Mitra Multiperdana. Selain itu, sumber penghasilannya juga berasal dari kepemilikan saham Persis Solo.

Sebelum menjadi Ketum PSI, Kaesang juga aktif berbisnis hingga namanya masuk ke dalam 40 daftar Tokoh Muda Berpengaruh di Indonesia versi Fortune 2023. Adapun bisnis yang ia jalankan itu mayoritas berada pada sektor makanan dan minuman.

Bisnis milik Kaesang itu antara lain Sang Pisang, Mangkok Ku, Ternak Kopi, Siap Mas, Chili Pari, Markobar, dan Goola. Tak cukup sampai disitu, putra bungsu Jokowi ini juga memiliki usaha ternak lele yang tersebar di seluruh kota-kota besar Indonesia.

 

Harta Kekayaan Bobby Nasution

Selanjutnya, ada menantu Jokowi, yakni Bobby Nasution yang sejak 2021 menjabat Wali Kota Medan. Menilik dari laman LHKPN-nya, ia memiliki harta sebesar Rp 55,9 miliar. Adapun aset terbesarnya berupa tanah dan bangunan senilai Rp 40,3 miliar.

Ia juga memiliki kendaraan sebesar Rp 12,6 miliar. Aset ini terdiri dari mobil Toyota Kijang Innova Rp 280 juta, Mitsubishi Lancer Rp 160 juta, Honda Accord Rp 680 juta, Nissan Juke Rp 120 juta, serta motor Yamaha Z8D Mio Rp 5 juta dan Suzuki ST100 Rp 15 juta.

Selain itu, ada pula surat berharga senilai Rp 10,5 miliar serta kas dan setara kas Rp 8,1 miliar dalam LHKPN milik Bobby Nasution. Kemudian, suami dari Kahiyang Ayu ini juga memiliki utang yang dilaporkan tercatat sebesar Rp 4,32 miliar.

 

Harta Kekayaan Anwar Usman

Terakhir, ada Ketua MK Anwar Usman yang merupakan adik ipar Jokowi. Melansir laman LHKPN-nya, harta kekayaannya untuk periode 2022 mencapai Rp 33,49 miliar. Adapun aset terbesarnya berupa kas dan setara kas senilai Rp 27,59 miliar.

Kemudian, ia juga tercatat memiliki 31 tanah dan bangunan senilai Rp5,17 miliar. Aset ini tersebar di kota/kabupaten Bekasi, Tangerang Selatan, Lumajang, hingga Bima. Selain itu, Anwar pun mempunyai mobil dan motor yang totalnya mencapai Rp 301 juta.

Aset kendaraannya tersebut terdiri dari dua Toyota Minibus Rp 185 juta, Toyota Kijang Minibus Rp 18 juta, dan Toyota Corolla Altis Sedan Rp 95 juta. Lalu, ada pula motor Honda senilai Rp 3 juta. Tak hanya itu, Anwar memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp300 juta.

Selanjutnya, tercatat aset surat berharga senilai Rp123 juta dalam laporan kekayaan Anwar Usman. Pria yang menikah dengan adik Jokowi itu tidak tercatat memiliki utang. Dengan begitu, hartanya untuk periode 2022 mencapai Rp 33,49 miliar.

 

Gabungan Kekayaan Dinasti Politik Jokowi

Jika digabungkan, kekayaan keluarga Jokowi yang masuk dinasti politik bernilai sangat fantastis. Total perkiraan dari milik Jokowi senilai Rp 82,3 miliar, Gibran Rp 26 miliar, Kaesang Rp 92,2 miliar, Bobby Rp 55,9 miliar, dan Anwar Rp33,49 miliar mencapai Rp289,89 miliar.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *