10 Keistimewaan Saat Umat Islam Rajin Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Di bawah ini 10 Keistimewaan Saat Umat Islam rajin bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat merupakan salah satu amalan yang dahsyat dan banyak  manfaatnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sholawat merupakan ibadah unik yang pasti diterima dan dibalas langsung oleh Allah SWT.

Mengapa unik karena sholawat seperti muslim lainnya dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan tanpa batasan waktu?

Allah SWT telah menuliskan hukum bersholawat ini dalam Al-Qur’an.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Dalam suatu hadits juga disebutkan bahwa membaca sholawat memiliki  keutamaan yang sangat besar dan dapat mempermudah urusan serta mengabulkan hajat yang dimiliki. Sebagaimana sabda Rasul SAW berikut ini

قال رسول الله صلعم ” من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

“Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa sholawat mampu melepaskan seseorang dari kesempitan dan mengabulkan hajat mereka yang membacanya.

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.

Salah satu tanda orang paling pelit adalah orang yang tidak mau bersholawat pada Nabi Muhammad SAW.

Setidaknya, dalam sehari minimal 100x sholawat yang dibaca.

Amalan sholawat adalah amalan yang pasti diterima adalah sholawat pada Nabi Muhammad SAW.

Berikut kumpulan bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW yang pendek bisa didapatkan di bawah ini.

Secara umum, bacaan Sholawat Nabi adalah “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”.

Artinya “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”.

  1. Sholawat Fatih

Sholawat Fatih disusun seorang ulama bernama Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad Al-Bakri RA. Menurutnya, Sholawat Fatih dapat membantu menghapus dosa dan mempermudah seseorang untuk mendapatkan surga.

Selain itu membaca Sholawat Fatih memiliki keutamaan yaitu menjauhkan dari perasaan resah dan gelisah. Saat hati gundah gulana, galau, maka dengan membaca Sholawat Fatih hati menjadi tenang.

Keutamaan Sholawat Fatih selanjutnya adalah membebaskan diri dari pedihnya siksa api neraka. Membaca Sholawat Fatih minimal sekali seumur hidupnya, maka yang membaca tersebut akan terbebas dari siksa api neraka.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ

وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

  1. Sholawat nuridzati

sholawat Nuridzati atau Cahaya Dzat Allah merupakan sholawat yang disusun berdasarkan ilham ruh seorang wali juga sufi Imam Abul Hasan As Syadzili yang terkenal pada zamannya saat itu.

sholawat itu kemudian diijazahkan kepada murid beliau.

Kata beliau, membaca satu sholawat ini sama dengan 100.000 sholawat karena itu banyak sekali manfaatnya diantaranya, sholawat menentramkan jiwa, sholawat diberi keberkahan, sholawat membuka pintu rezeki, dan masih banyak lagi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *