Jika Anda Ingin Hutang Anda Segera Lunas Dengan Izin Allah SWT, bacalah Doa dari Rasulullah SAW ini

Doa lunas hutang
berdoa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Biasanya orang berurusan dengan hutang piutang. Transaksi hutang dan piutang sudah dilakukan manusia sejak zaman dahulu kala..

Nabi Muhammad SAW juga mempunyai hutang, artinya kegiatan hutang dan piutang dapat dilakukan asalkan sesuai dengan aturan syariah. Islam juga melarang keras riba.

Ada  doa yang bisa dipanjatkan  seorang muslim ketika ingin melunasi hutangnya. Berikutnya adalah doa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 
Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak’.Artinya, “Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu (hingga aku tidak minta kepada) selain-Mu.” Bisa juga dilengkapi dengan membaca doa ini: اللَّھُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْھَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّییْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِAllahumma inni a’uzubika minal hammi wal hazni wal a’jzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dhola’id dain wa qholabatir rijaal.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan rasa sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman utang dan laki-laki yang menindas-(ku).””

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunnah karya Sa’id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijelaskan bahwa ada doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tertimpa kesulitan. Doa tersebut sumbernya dari hadits Nabi Muhammad SAW.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlan 

Artinya, “Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau mudahkan. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Hadits ini merupakan hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya. Ketika seorang Muslim sedang mengalami kesulitan atau tertimpa musibah, doa ini bisa dibaca.

Para ulama mengajarkan agar seorang Muslim jangan ragu dan jangan khawatir, yakinlah Allah SWT senantiasa bersama hamba-Nya.

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman. Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah agar keinginan terpenuhi.

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al-Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat Al Ahqaf ayat 5, Allah SWT berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئئِهِمْ غَٰففِلُونَ

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *