Klaim Tak Punya Hubungan dengan Israel tapi Pemerintah Impor Jutaan Dolar, Faizal Assegaf: Berhenti Menipu Rakyat!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Kritikus Faizal Assegaf menyoroti sikap Indonesia terhadap konflik Palestina-Israel. Ia menyebut pemerintah Indonesia hanya mengklaim tidak punya hubungan dengan Israel.

Namun menurutnya, Israel dan Indonesia punya hubungan ekonomi. Itu bisa dilihat dari impor Indonesia dari Israel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Rezim Jokowi getol menipu rakyat, mengklaim tidak punya hubungan kerjasama dengan Israel,” ujar Faizal dikutip dari unggahannya di X, Minggu (5/11/2023).

Padahal selama ini, Indonesia mengimpor dari Israel dengan jumlah yang tak sedikit. Tembus puluhan juta dolar.

“Faktanya, nilai impor Israel ke Indonesia 2020 adalah 56,5 juta dolar AS. Pada 2021 senilai 26,5 juta dolar AS dan 2022 capai 47,8 juta dolar AS,” paparnya.

Selama ini, ia mengatakan Indonesia hamya memberi secuil bantuan pada warga Palestina. Keuntungan besar dari hasil migas, tambang, jejaring keuangan dan ekonomi telah menyokong mesin perang Israel.

“Lebih menyakitkan, ketika umat tak berdaya dan hanya bisa menggelar demo, rezim pro asing pun ikut nimbrung. Bukti negara telah lumpuh total. Tidak bernyali mengambil sikap konkret dan tegas,” ucapnya.

Tiap isu Palestina memanas, pemerintah dilihatnta ketakutan. Berganti topeng pura-pura bersimpati. Padahal hanya untuk meredam amarah umat.

“Dubes Israel di Singapura pun paham, manuver politik Menteri Luar Negeri Retno Marsudi,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia menili Israel sangat memahami akrobat pemrintah Indonesia. Tak hanya Indonesia, di beberapa negara juga bermain dua topeng: Seolah peduli pada Palestina, namun faktanya bagian dari agen zionis global.

“Tak heran, Palestina terus ditindas dalam kurun waktu yang panjang. Sebab rezim dusta secara langsung ikut berkontribusi dalam kejahatan tersebut. Kekayaan alam dan ekonomi mengalir deras ke Israel,” jelasnya.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *