Non-Muslim Diimbau Tak Khawatir Isu Sektarian terkait Anies-Muhaimin

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajienews.co.id — Politikus NasDem Ahmad Effendy Choirie atau Gus Choi meminta non-Muslim tak khawatir isu sektarian terkait majunya Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Gus Choi menanggapi pertanyaan KBA News usai pernyataan pers para tokoh ormas Islam di gedung NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, 6 November 2024.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Yang jadi calon pemimpin ini kan Mas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, itu muslim nasionalis. Anak cucu pahlawan, bapak ibunya, mbah-mbahnya pejuang republik ini. Jadi saudara-saudara non muslim, tidak usah kuatir. Jangan mengikuti framing dari orang tertentu, seolah-olah muslim itu otomatis radikal,” tegas Gus Choi di hadapan para wartawan.

Gus Choi tak menampik peran besar umat muslim saat pembentukan republik ini.

“Yang punya sejarah terbesar di Republik Indonesia ini umat muslim. Yang merumuskan Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD 1945) dan semuanya itu mayoritas muslim. PPKI, BPUPKI, Panitia Sembilan,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Gus Choi, Islam memiliki konsep universal yakni Rahmatan lil’alamin, termasuk konsep hak asasi.

“Dalam Islam itu ada ukhuwah islamiyah, persaudaraan sesama umat Islam, ukhuwah wathanuiyah, persatuan dalam ikatan kebangsaan dan ada ukhuwah basyariyah, yakni persaudaraan sesama umat manusia. Jadi kalau ada Islam yang radikal itu kecil, ekstrimis ada, sedikit satu dua,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada Senin 6 November 2023, Din Syamsuddin bersama sejumlah tokoh ormas Islam menyambangi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Gedung NasDem Tower, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Tampak hadir Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Husnan Bey Fananie, Wakil Ketua Umum DPP Parmusi dan Ketua Umum Forum Kabah Membangun, Zaitun Rasmin, Ketua Umum PP Al-Wahdah Al-Islamiyah, Nuruzzaman, Ketua Umum PP Al-Ityihadiyah, Marfuah Mustofa, Ketua Umum PP Wanita Islam dan Iroh Siti Zuhroh, Ketua Umum PP Wanita PUI.

Kenudian Mohammad Al-Jufri, dari DPP Al-Khairat, Ahmad SKJ, Ketua DPP KB PII, Mufidah Said, PP Wanita Al-Irsyad, Ismail Rumadan, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) dan Ari Chandra Kurniawan, Ketua Umum DPP Partai Pelita.

Juga hadir Saifullah, Sekjen DPP Partai Pelita, Hendra Suhada, Anggota MPP Partai Pelita dan Rashda Diana, dari Unida Gontor.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *