Siksaan di Dalam Kubur Bagi Orang-Orang Yang Meninggalkan Al-Qur’an

Siksaan di Dalam Kubur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Al-Qur’an diturunkan Allah sebagai petunjuk bagi setiap umat manusia. Ini menggambarkan perbuatan benar atau al-haq yang harus dilakukan setiap mukmin, dan juga hal-hal yang bathil atau salah dalam hukum Islam dan harus dihindari oleh setiap mukmin.

Jadi, jika seorang muslim mau membaca Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh, apalagi dengan mempelajari isi Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka ia akan selamat dunia dan akhirat.

Dan Al-Qur’an akan menjadi hujjah atau pembela ketika dialam kubur. Tetapi orang yang tidak mau membaca Al-Qur’an, atau membaca Al-Qur’an hanya untuk formalitas semisal agar mendapat pujian sedang tiap harinya ia meninggalkan membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan kesulitan menghadapi pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir. Apalagi orang tersebut tidak membaca Al-Qur’an, tidak menggali isi Al-Qur’an, dan tidak juga mengamalkan isi Al-Qur’an, kelak di alam barzah ia akan dipukul oleh malaikat dengan sekeras-kerasnya.ومن الناس من يعتاص عليه أن يقول: القرآن إمامي ، لأنه كان يتلوه ولا يتعب به ، ولا يعمل بأوامره ولا ينتهي بنواهيه ، يطوف عليه دهره ولا يعطي منه نفسه خيره فيفعل به كما يفعل بالأولين ،Artinya: Dan di antara manusia ada sebagian yang sulit mengatakan Al-Qur’an adalah imamku, sebab dia membaca Al-Qur’an tetapi tidak mengambil kandungan Al-Qur’an dan tidak juga mengerjakan perintah-perintah dalam Al-Qur’an dan juga tidak meninggalkan larangan-larangan yang ada dalam Al-Qur’an. Waktu hidupnya habis terbuang dan tidak memberi padanya kebaikan. Maka dia diperlakukan oleh kedua malaikat Munkar dan Nakir seperti kepada orang yang tak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. (Lihat kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi penerbit Maktabah Darul Minhaj halaman 356).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam tulisan-tulisan sebelumnya, dijelaskan bahwa orang-orang yang tak bisa menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir akan merasakan perihnya penderitaan di alam kubur. Itu dialami oleh orang-orang kafir dan orang-orang yang memiliki banyak dosa.

Di alam kubur, orang-orang kafir disiksa habis-habisan oleh malaikat Munkar dan Nakir. Mereka tak bisa menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir. Sehingga setiap kali mereka tak bisa menjawab, maka malaikat memukul ahli kubur itu. Pukulan yang begitu keras itu sampai membuat nyala api di dalam kubur orang kafir itu. Api itu terus menyambar-nyambar orang kafir itu hingga hari kiamat.

: فإن كانت عقيدته مختلفة امتنع أن يقول: الله ربي ، وأخذ غيرها من الألفاظ ، فيضربانه ضربة يشتعل منها قبره نارا ثم تطفأ عنه أياما ، ثم تشتعل عليه أيضا ، هذا دأبه ما بقيت الدنيا ،

Artinya : Dan apabila memiliki akidah yang berbeda maka dia tidak bisa berkata ‘Allah Tuhanku’ dan kata-kata lainnya. Karena itu, dua malaikat itu memukulnya dengan satu kali pukulan sehingga menyala api di dalam kuburnya. Terkadang api itu pada beberapa hari kemudian menyala lagi. Keadaan inj terus-menerus menimpanya selagi dunia masih ada(sampai kiamat).   (at Tadzkirah, halaman 355).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *